"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Tuesday, 26 January 2021

LRPPN BI DPD Banyuwangi Bersama Stakeholder Support Puluhan Residen

Banyuwangi,  MAJALAH-GEMPUR.Com. Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Bhayangkara Indonesia (LRPPN BI) DPD Banyuwangi Selasa (26/1/2021) terima kunjungan dari beberapa stakeholder Bumi Blambangan.

Yitu Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat (Kasat Binmas) Polresta, Kompol H Mustaqim, MM, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Zen Kostoloni dan Kepala Bidang Pemberdayaan Rehabilitasi Sosial (Kabid Daya Resos) Dinas Sosial (Dinsos) Tati Melati.

Kepala Seksi (Kasi) Mutu SMP di Dinas Pendidikan (Dispendik), Sutikno, Kepala Seksi (Kasi) SMA/PK-PLK di Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Wilayah (Cabdindiikpropwil) Mohammad Arief Ainurrozie, M.Pd, serta darj Seksi Bimbingan Masyarakat (Binmas) Kementrian Agama (Kemenag), Syafaat, MH.

Jajaran stakeholder itu secara spontan memberikan support dan motivasi serta menyampaikan banyak pemahaman kepada puluhan korban pebyalahgunaan narkoba (residen) yang sedang menjalani proses pemulihan di Panti Rehabilitasi Terpadu LRPPN BI Banyuwangi.

Seluruh residen duduk berjajar rapi di lantai dua kantor rehabilitasi di JL Kepiting No 89. Mereka diajak komunikasi dan diberikan pencerahan berbagai dampak hukum maupun medis jika terus nekad mengkonsumsi narkoba.

Dengan antusias para residen menyimak berbagai materi dan pemahaman serta pengarahan agar tidak lagi menggunakan barang haram itu. “Salah satu dampak yaitu catatan dalam SKCK yang berpengaruh saat daftar polisi, TNI atau melamar pekerjaan,” terang Kompol H Mustaqim.

Demikian pula Zen Kostoloni yang menyampaikan motivasinya dikesempatan kedua. Kadispora yang juga pernah menjabat camat di beberapa wilayah itu mengajak para residen untuk percaya diri dan meninggalkan masa lalu yang kelam.

“Setiap orang punya masa lalu, baik yang kelam maupun indah. Sekarang saatnya adik-adik berbenah dan instropeksi diri menyongsong masa depan cerah. Karena kita semua sama, yaitu sama-sama dilahirkan dari rahim seorang ibu. Semangat ya adik-adik,” supportnya.

Kasi Mutu SMP Dispendik Sutikno, berjanji memberikan kesempatan menempuh pendidikan yang layak, dengan catatan harus mengikuti program sesuai regulasi. Misalnya kejar paket A, B, serta C jika sudah putus sekolah. “Kami siap membantu sepenuhnya tanpa biaya,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Cabdindikpropwil Mohammad Arief Ainurrozie. “Adik-adik ini hanya karena terjerumus dalam lembah narkotika, sehingga harus menjalani pemulihan dan rehabilitasi disini. Soal hak pendidikan, semuanya tetap diprioritaskan dan kami siap membantu,” tegasnya.

Setelah berturut-turut dari Tati Melati selaku Kabid Daya Resos Dinsos dan Huriyah Azizah, S.Pd.I. Penyuluh Agama Kemenag, acara kunjungan dan silaturahmi sekaligus penyampaian support serta motivasi ditutup dengan doa oleh Syafaat dari Seksi Binmas Kemenag Banyuwangi.

Pengurus LRPPN BI diantaranya pembina Hakim Said, SH, Mohammad Hiksan, MM,  selaku ketua, konselor Rudi Purwantoro S.Kep, dokter panti rehabilitasi Didik Sulasmono, psykolog Heriberthus W,S.Psi.MPd., ketua relawan Agus Hariyanto, ustadz Supri, dan para asisten konselor. (*)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: