"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Monday, 25 January 2021

Siap-siap Warga Jember Di Suntik Vaksin Covid-19

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember siapkan tempat menyimpan dan mendistribuskan vaksin Covid-19.

Jember memiliki cool room yang digunakan untuk menyimpan vaksin Covid-19. “Vaksin itu sendiri akan dikirim Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke kabupaten/kota”, Jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Pemkab Jember Dyah Kusworini, sening (25/1/2021).

Menurut Dyah, diperkirakan dalam pekan ini vaksin itu sudah diterima oleh Dinkes Jember. “Jadi kami menata, menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan vaksin yang akan didistribusikan ke Kabupaten Jember,” jelasnya.

Satgas Covid-19 Jember hari ini melakukan pengecekan tempat penyimpanan vaksin di gudang farmasi di Jalan Ciliwung 41. “Vaksin yang dikirim Dinkes Pemprov Jatim akan langsung diterima di gudang farmasi yang dikelola Unit Pelaksana Teknis Instalasi Farmasi Kesehatan (UPT IFK).

Sebelum didistribusikan, Vaksin langsung dimasukkan di cool room dan di tempat cadangan yaitu Refrigerator. “Faskes yang siap 50 puskesmas dan RS dr Soebandi. Jadi ini didistribusikan ke fasilitas kesehatan yang tenaganya sudah dilatih dan memiliki fasilitas penyimpanan,” ungkapnya.

Cool room mampu menyimpan 11 ribu vaksin. Pengawasan suhu, 2 – 8 derajat celcius sesui standar penyimpanan vaksin. “Vaksinasi covid-19 sama. Hanya, karena baru, ada observasi 30 menit setelah disuntikkan vaksin untuk memantau apakah ada efek simpang dari vaksin ini,” katanya.

Menurut Kepala Bagian Operasi Polres Jember AKP Istiono utnuk pengamanan distribusi vaksin akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan TNI,. “Saat datang nanti akan kami amankan. Nanti kami tugaskan personel dari Polres maupun dari Kodim. Sehingga keamanan vaksin terjamin,” katanya.

Pengamanan itu juga terkait dengan proses pendistribusian vaksin dari gudang farmasi ke 50 fasiltas kesehatan di Jember. Istono mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait dengan jadwal dan tujuan distribusi vaksin Covid-19 itu.

Juru bicara Satgas Coviud-19 Gatot Triyono mengaku belum dapat informasi jumlah vaksin. Untuk tahap pertama penerima vaksin adalah para tenaga Kesehatan (Nakes). Sesuai dengan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) terdapat 8.317 nakes di Jember.

Dari jumlah itu, naskes yang telah mendapatkan e-ticket vaksinasi sebanyak 6.750 orang. Mereka pun nanti akan diskrining sebelum mendapatkan vaksin. Gatot menjelaskan, vaksinasi dilaksanakan dalam empat tahap. Tahap 1 dan 2 dilaksanakan dalam kurun waktu bulan Januari - April 2021.

Sasaran tahap pertama yaitu tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Sasaran tahap kedua yaitu TNI, Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya, meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, perbankan, PLN, dan PDAM, serta petugas yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan, dan kelompok usia lanjut di bawah 60 tahun.

Tahap 3 dan 4 pada April 2021 - Maret 2022. Tahap tiga masyarakat rentan aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.  Tahap keempat masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin. “Vaksin Covid-19 diberikan gratis,” ungkapnya. (eros).

Berita Terkait Kesehatan

No comments: