Translate

Iklan

Iklan

Kabar Gembira, Awal Ramadhan, Dana Bansos PKH 6,53 Triliun, Cair Lagi

4/17/21, 21:19 WIB Last Updated 2021-04-17T14:19:14Z

Jakarta, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bertepatan dimulainya puasa Ramadhan 1442 H, Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial tunai Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar 6,53 triliun.

Berdasarkan data dari Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial, alokasi anggaran bantuan sosial PKH tahun 2021 sebesar 28,71 triliun dan telah disalurkan dua tahap sebesar 15.35 triliun yaitu bulan Januari 2021 sebesar 6,82 triliun rupiah dan bulan April 6,53  rupiah.

Bansos itu, menyasar 9.074.584 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang tersebar dseluruh pelosok Tanah Air.  "Pencairan bantuan ini untuk tahap II, kebetulan bulan April, jadi pas bersamaan dengan awal puasa", kata Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/4/2021).

Harapannya melalui pencairan bansos ini dapat mengurangi beban pengeluaran di bulan puasa, karena biasanya saat  buan puasa pengeluaran akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan saur maupun buka puasa, untuk beli takjil atau beli makanan tambahan lainnya.

Disamping itu Juga dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi saat pandemi, "Semakin banyak uang beredar makin tinggi daya beli masyarakat, hingga pedagang kecil dagangan jadi laku dan bisa mendapatkan untung”, Mantan Walikota Surabaya dua pereode ini.

PKH merupakan bantuan bersyarat bagi keluarga yang memenuhi satu atau lebih komponen yaitu kesehatan dengan kategori ibu hamil dan anak balita. Pendidikan, anak SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MAN atau sederajat. Kesejahteraan Sosial, kategori lanjut usia diatas 70 tahun dan kategori Disabilitas berat.

Kemensos bekerja sama dengan Himbara dalam pencairan bantuan, seluruh KPM PKH mendapatkan bantuan langsung ke rekeningnya, "mereka bisa mencairkan di ATM bersama, e-warong, dan agen - agen bank yang ditunjuk oleh bank penyalur", pungkas Mensos Risma.  (hms/eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kabar Gembira, Awal Ramadhan, Dana Bansos PKH 6,53 Triliun, Cair Lagi

Terkini

Close x