Translate

Iklan

Iklan

BBKSDA Jatim SKW V Banyuwangi Tak Tahu- Menahu Soal Polemik Tapal Batas

7/13/21, 17:51 WIB Last Updated 2021-07-13T10:51:47Z

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur (Jatim) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) V Banyuwangi, pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen tidak tahu soal polemik tapal batas Banyuwangi dengan Bondowoso.

“BKSDA hanya mengelola luasan kawasan yang menjadi area TWA ijen”, kata Kepala SKW V Banyuwangi, Purwantono, saat di konfirmasi terkait apa ada pemetaan baru di kawasan Gunung Ijen, dia menerangkan bahwa BBKSDA tidak tahu sama sekali terkait polemik tersebut.

Untuk peta belum berubah, mengacu pada kawasan yang kami kelola. “Jadi kami tak terpengaruh soal polemik itu. Dan kawasan TWA Ijen itu milik negara yang dikelolakan BBKSDA Jatim,” paparnya saat di temui di kantornya, Selasa (9/7/2021) lalu.

Purwanto juga menjelaskan, pihaknya bertanggung jawab atas apa yang ada di kawasan yang dia kelola. Diantaranya melindungi dan menjaga kelestarian alam flora dan fauna yang masuk di peta kawasan TWA Ijen.

“Itu tanggung jawab kami. Selain itu, kami juga mengelola tiket masuk, menyediakan warung dan camping ground di area paltuding. Juga mengatur jam pendakian menuju puncakIijen untuk melihat keindahan alam seperti blue fire, sunset dan kaldera. Kami juga mensosialisasikan terkait sampah kepada pengunjung agar tidak membuangnya sembarangan pada waktu di bawah maupun di puncak,” bebernya.

Saat di tanya apakah di kawasan Ijen selain kandungan kaldera ada kandungan lainnya selain belerang ? Purwanto menjawab, bahwa selama ini belum ada pengecekan. “Pertambangan yang di lakukan di Ijen masih pertambangan belerang saja,” pungkasnya. (kim)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BBKSDA Jatim SKW V Banyuwangi Tak Tahu- Menahu Soal Polemik Tapal Batas

Terkini

Close x