Translate

Iklan

Iklan

Sekda Jember Blusukan, Pastikan kebutuhan Warga Isoman Terpenuhi

8/07/21, 19:02 WIB Last Updated 2021-08-15T09:16:21Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sekertaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember Mirfano Sabtu (7/8/2021) blusukan di Perumahan Baratan Permai kecamatan Patrang.

Hal itu untuk memastikan kebutuhan warga yang isolasai mandiri (Isoman) terpenuhi.  "Ini perintah Bupati Hendy Siswanto," kata Mirfano didampingi Camat Patrang Moh Muhammad Rofik, Sugiarto usai meninjau warga Isoman di Perumahan Baratan Permai, Kecamatan Patrang, Sabtu (7/8/2021)

Disamping itu, katanya, seluruh Camat harus menyediakan tempat isolasi terpusat bagi warganya yang terkonfirmasi COVID. "Jadi satgas dari kecamatan, Kelurahan dan RT/RW, menjadi basis penanganan utama untuk melindungi masyarakat dari penularan pandemi ini," terangnya.

Pasalnya Pandemi ini, bukan hanya menyerang warga  Perkotaan saja, tetapi sudah masuk ke tingkatan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). Untuk itu kecepatan informasi dari RT/RW, sampaikan bantuan sembako dan pemberian motivasi jadi kunci utama keberhasilan pertahanan COVID-19.

Pasalnya, RT/RW adalah kepanjangan tangan pemerintah dalam pengawasan warga yang terkonfirmasi COVID dan sedang isolasi mandiri (Isoman). "RT/RW harus memberikan informasi kepada Satgas erkait warganya yang terpapar COVID-19," harapnya.

Kecepatan informasi dari RT/RW tersebut, menjadi kunci keberhasilan bagi pemerintah daerah dalam menekan penyebaran virus yang bermuala dari Wuhan Cina ini.  "Kecepatan informasi itu adalah kunci keberhasilan menyelesaikan problem saat ini," tambanya.

Menurut Mirfano bahwa angka kematian di Kabupaten Jember memang mulai menurun, tetapi dilapangan ternyata warga yang meninggal dunia saat Isoman masih tinggi. "Fenomena yang luar biasa, bahwa  angka kematian yang Isoman ini sedang mengalami peningkatan," katanya

Oleh karena itu, fungsi Satuan Gugus Tugas (Satgas) mulai dari hingga RT/RW kunci keberhasilan dalam mengatasi Pandemi ini.  "Kematian warga Isoman jadi perhatian kita. Artinya kita harus memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat yang masih belum sadar," bebernya.

Pandemi ini merupakan ujian Tuhan kepada para pemimpin untuk menyelesaikan pandemi ini. "Terima kasih kepada pak Camat yang telah menunjukan data-datanya warga yang terkonfirmasi Covid dan saya melihat semua datanya aktif sekali. Mudah-mudahan ini menjadi keberkahan." Tandasnya.

Camat Patrang Moh. Rofiq Sugiarto menjelaskan bahwa warga yang terkonfirmasi positif COVID di wilayahnya ada 374 warga, dan  159 sembuh. "Oleh sebab itu, kami berharap warga tetap terus mematuhi protokol kesehatan." Pungkasnya.(naw).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sekda Jember Blusukan, Pastikan kebutuhan Warga Isoman Terpenuhi

Terkini

Close x