Iklan

Iklan

ACT Jember Berbagi Ratusan Paket Pangan Untuk Pemulung di TPA Jember

10/15/21, 20:39 WIB Last Updated 2021-10-15T13:39:02Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Aksi Cepat tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jember berbagi 50 paket pangan dan 100 makanan siap santap untuk para pemulung di Tempat  Pembuangan Akhir (TPA) Pakusari.

Program Operasi Pangan Murah dan Operasi Pangan Gratsi ini guna merespon kondisi ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid -19. Selain program tersebut ACT Jember juga sudah menjalankan Operasi Makan Gratis, Food Careline Services dan Humanity Food Truck.

Biaya diperoleh dari donasi, melalui tautan jember.indonesiadermawan.id / OperasiPanganGratis atau langsung di kantor Jl Letjen Panjaitan no.152, Sumbersari. “Kegiatan ini serentak di 10 regional dan 100 cabang di Indonesia”. Jelas Staff program ACT Jember Renandra Saputra, Jumat (15/10/2021) sore

Menurutnya bahwa di tempat pembuangan sampah terbesar di Jember dengan luas 6,8 hektar ini mampu menampung 4 jt ton sampah. Terdapat kurang lebih 160 orang yang mencari rizki serta menggantungkan nasibnya dengan penghasilan setiap harinya tidak lebih dari Rp. 50 ribu.

Lebih lanjut Saputra menjelaskan bahwa berdasarkan data yang dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin Indonesia, pada bulan Maret 2020 sebesar 4,2%. Berdasarkan wilayah, kemiskinan di perdesaan lebih tinggi dari perkotaan.

Angka kemiskinan di perdesaan mencapai dua digit, yaitu 13,1%. Sementara di perkotaan sebesar 7,89%. Diharap melalui program – program tersebut dapat meringankan kesulitan masyarakat dan memberikan dampak penguatan terhadap kemiskinan dan kerawanan pangan.

Saat ini Program Pangan Murah yang dijalankan berbentuk pasar sembako yang harganya lebih murah 50% dari harga normalnya. OPM yang diluncurkan ini dapat menghadirkan sembako murah bagi masyarakat, khususnya masyarakat prasejahtera.

Pak Wasto salah satu pemulung mengaku kini harga plastik dan kardus murah, sehingga penghasilannya menurun. “Alhamdulikkah ada bantuan, ini bisa meringankan beban. Karena pemasukkannya dari mengumpulkan sampah, tidak sebanyak sebelum corona” timpal Sahnija, pemulung lain. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • ACT Jember Berbagi Ratusan Paket Pangan Untuk Pemulung di TPA Jember

Terkini

Close x