Translate

Iklan

Iklan

Bupati Hendy Ajak LSM dan Ormas Berkolaborasi Membangun Jember

10/31/21, 19:38 WIB Last Updated 2021-10-31T12:38:24Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bupati Ir. H. Hendy Siswanto ajak sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) kolaborasi membangun Jember.

Mengingat membangun Jember, tidak bisa dilakukan pemerintah sendiri, melainkan harus dilakukan dengan bersama-sama. Pasalnya Potensi yang dimiliki oleh kabupaten dengan julukan  kota tembakau, kota carnaval dunia, kota suwar-suwir dan kota edamami itu sangat banyak.

"Tidak mungkin Pemkab bisa membenahi Jember tanpa dibantu elemen lain” Katanya saat acara forum silahturahimi dengan pimpinan LSM dan Ormas yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), di Hotel Rembangan Sabtu - Minggu 30-31 Oktober 2021.

Dalam suasana penuh keakraban itu Bupati mengaku terbuka terima saran dan kritik dari pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan organisasi kemasyarakatan (Ormas), serta elemen lain, tentunya disertai solusinya, sampaikan dengan cara santai, sambil ngopi" katanya.

Diakui, untuk memimpin Jember, memang perlu kesabaran yang bertingkat. "Apapun bentuk kritik dan penilaian masyarkat, harus diterima dengan bijak, tidak boleh ada kontra produktif dan itu menjadikan pengalaman yang sangat berharga dan istimewa," lanjutnya.

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Edy Budi Susilo, memerangkan bahwa keberadaan Ormas diatur dalam UU no 16/2017 tentang legilitas ormas dan kegiatannya tidak boleh keluar dari koridor-koridor, yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

"salah satu upaya untuk melegalkan kelembagaan ormas maka diamanatkan di dalam UU terkait pendaftaran ormas, ormas di daerah wajib mendaftarkan pada mentri dalam negri cq. Dirjen politik dan Pemerintahan Umum, serta agar memberitahukan keberadaan di wilayah pemerintah setempat, "terang Kepala Bakesbangpol Kabupaten Jember. Sabtu (30/10/2021).

Hal senada disampaikan Kabagkesbangpol Edy Budi Susilo, menurutnya Keberadaan ormas sangat penting untuk mewujudkan program -program pemerintah. Untuk itu sinergitas dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berdaya guna bagi masyarakat harus terus ditingkatkan.

"Untuk diketahui di Kabupaten jember saat ini tercatat 458 organisasi Kemasyarakatan dengan rincian 70 organisasi sudah berbadan hukum, sesuai keputusan Kemenkum Ham dan 388 organisasi yang terdaftar pada Bakesbangpol," katanya.

Dari 70 Ormas yang tercatat sesuai bidang kegiatan, 45 organisasi sosial kemasyarakatan dan 13 organisasi keagamaan, dan 5 organisasi profesi, serta 3 organisasi bela diri. Sedangkan  pemberdayaan perempuan dua organisasi, dan lingkungan hidup dua organisasi.

Maksud dan tujuan acara ini, upaya mempererat tali silahturahimi dan menumbuhkan rasa persaudaraan yang kuat antara perintah daerah dan organisasi kemasyarakatan serta antar sesama organisasi kemasyarakatan di  jember.

Pantauan media ini bahwa dalam acara yang dibuka Bupati Hendy yang  diikuti 55 personil ini diisi oleh metor Nyoman Aribowo dengan beberapa materi yakni materi training the power of mindset dan training strong leadership dan diahkiri Outdbond game. (wht/eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Hendy Ajak LSM dan Ormas Berkolaborasi Membangun Jember

Terkini

Close x