Translate

Iklan

Iklan

Bupati Jember Kukuhkan Bunda literasi Yang Bertugas Meningkatkan Budaya Baca

10/28/21, 19:32 WIB Last Updated 2021-10-28T12:32:01Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bupati Jember H Hendy Siswanto Kamis (28/10/2021) kukuhkan bunda literasi yang diberi tugas untuk meningkatkan minat baca di masyarakat.

Bupati juga menandatangani nota kesepahaman dengan Perpustakaan Nasional dan perguruan tinggi Jember.  "Kegiatan ini juga untuk mendorong kemajuan perpustakaan nasional," ujarnya usai acara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Hotel Rembangan.

Pasalnya di Jember ini masih ada sebagian warga yang buta aksara, Kehadiran bunda literasi dan bantuan mobil perputakaan dapat mengembangkan daya baca.  "Dengan memotivasi, ayo baca, baca dan baca, dengan gemar membaca akan meningkatkan daya fikir masyarakat," jelasnya

Agar hobi membaca menarik perhatian masyarakat, tetunya dengan konsep berbeda.  "Kita akan buat pojok baca, entah itu ditempat wisata, atau kuliner supaya jadi kita akan minta OPD, siapapun yang akan izin usaha, diwajibkan menyediakan tempat khusus bagi pembaca," terangnya

Peningkatan budaya membaca, akan mempercepat pembentukan sumberdaya manusia. Sebab mereka yang menguasai literasi akan banyak pengetahuan. "Dengan meningkatnya budaya baca, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," Tandasnya. (naw/yond).

Menurut Bunda Literasi Jember Kasih Fajarini bahwa budaya gemar membaca merupakan faktor esensial dalam pembangunan. Pasalnya selain membuka wawasan cakrawala pengetahuan, juga dapat membentuk mental dan perilaku seseorang.

Kegiatan ini merupakan momentum membudayakan kegemaran baca, agar indeks literasi di masyarakat meningkat. “Ini bukan tanggung jawab Bunda Literasi bukan tugas satu pihak, namun perlu sinergi dan kolaborasi dengan semua fiha," katanya. (naw/yond).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Jember Kukuhkan Bunda literasi Yang Bertugas Meningkatkan Budaya Baca

Terkini

Close x