Translate

Iklan

Iklan

Tim Pengabdian Masyarakat Polije Promosikan Kedai Mooo Nyoesoe Melalui Bilingual Booklet

11/24/21, 11:31 WIB Last Updated 2021-11-24T04:31:05Z

Tim pengabdian masyarakat Politeknik Negeri Jember: 
Ketua: Titik Ismailia, S.Pd., M.Pd.
Anggota: Alfi Hidayatu Miqawati, S.Pd., M.Pd. Fitri Wijayanti, S.Pd., M.Pd.

 

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Promosi menjadi hal yang penting dilakukan dalam pemasaran produk. Strategi promosi dapat dilakukan melalui 3 cara yaitu promosi langsung (fisik), media tradisional (cetak, elektronik, publik), dan media digital.

Promosi langsung memiliki keunggulan yakni pembeli dapat melihat produk yang dijual, bertanya produk, dan melakukan tawar-menawar secara langsung. Promosi langsung dapat memanfaatkan media diantaranya media tradisional cetak (koran, booklet, majalah, bulletin) dan elektronik seperti TV dan radio dapat menjangkau wilayah yang lebih luas.

Selain itu, saat ini promosi juga dapat dilakukan menggunakan media sosial digital  yang sedang populer melalui internet sehingga lebih mudah dilakukan, berbiaya rendah dan sederhana. Tetapi jenis media ini membutuhkan alat dan koneksi internet yang stabil sehingga agar dapat dijangkau dengan mudah.

Sebagai salah satu alat promosi cetak, booklet memiliki keunggulan, dapat menjangkau wilayah yang lebih luas karena booklet bisa dibawa dengan bentuk seukuran tangan. Selain itu,  booklet dapat memberikan informasi berupa gambar dan tulisan berwarna sehingga menarik untuk dibaca.

Kelengkapan informasi booklet juga dapat menyaingi informasi dalam media internet serta dapat menjangkau kalangan mana saja dari yang tua maupun generasi milenial. Alat promosi ini juga dapat digunakan untuk memesarkan aneka produk seperti berbagai jenis pakaian, alat rumah tangga, dan makanan.

Rembangan sebagai salah satu wilayah dengan tempat wisata yang sudah dikenal di Jember memiliki produk unggulan yaitu susu murni yang berasal dari peternak mandiri. Produk susu dipasarkan di wilayah kota Jember dan sekitar Rembangan.

Salah satu kedai yang menjual aneka produk susu seperti susu murni segar, susu olahan susu rasa-rasa, milkshake, dan yogurt adalah Kedai Nyoesoe Cak Nanang yang terletak di jl Rembangan, Darungan, Kemuning Lor, Arjasa, Jember. Kedai ini telah menjual aneka produknya sejak tahun 2017.

Olahan susu dipasarkan secara langsung di kedai dan pesanan lewat telepon. Pembeli yang ingin merasakan produk susu olahan dapat datang langsung ke kedai atau memesan lewat telpon dan diantar ke rumah pemesan.

Pemesan biasanya merupakan pelanggan yang telah mengetahui produk olahan susu yang ada. Tetapi bagi pelanggan baru, belum ada informasi yang lengkap mengenai produk yang dijual di kedai ini kecuali jika datang ke kedai atau melewati kedai ketika berkunjung ke Rembangan.

Hal ini di sebabkan belum adanya alat promosi yang digunakan pengelola untuk memasarkan produk secara luas sehingga pembeli yang berasal dari luar kota biasanya hanya mengetahui produk susu murni yang dijual dikedai dan berada di freezer depan kedai.

Oleh karean itu, tim pengabdian masyarakat dari Program Studi Bahasa Inggris Politeknik Negeri Jember memberikan sosialisasi dan pembuatan booklet dua bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) sebagai sarana promosi cetak untuk pengelola, dan karyawan Kedai Nyoeose Cak Nanang.

Program ini dilaksanakan sebagai salah satu program pengabdian masyarakat Polije yang dikonsentrasikan di wilayah desa Kemuning Lor, Arjasa, Jember. Program ini dilaksanakan selama 6 bulan yang dimulai pada bulan Juni sampai dengan November 2021.

Produk yang dihasilkan yaitu satu booklet tentang kedai dan produk olahan susu yang dapat dibeli baik secara langsung di kedai maupun melalui telepon dengan tujuan akan dikenal oleh khalayak luas sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan. Isi atau informasi di dalam booklet ini berupa kombinasi antara kalimat dan gambar, yang disajikan dengan menggunakan bahasa yang ringkas dan mudah dipahami oleh pembaca.

Selain booklet sebagai media promosi, tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat juga akan mengajarkan bagaimana menggunakan dan memanfaatkan booklet ini sebagai media promosi. Pengenalan booklet beserta pembuatannya menjadi sarana dalam meningkatkan omset penjualan dan promosi kedai Nyoesoe Cak Nanang.  (*).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Pengabdian Masyarakat Polije Promosikan Kedai Mooo Nyoesoe Melalui Bilingual Booklet

Terkini

Close x