Translate

Iklan

Iklan

Polisi Menahan Pemimpin Ritual Maut di Pantai Jember Selatan

2/16/22, 17:41 WIB Last Updated 2022-02-16T13:39:09Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Polisi Akhirnya Menetapkan Nur Hasan, Ketua Padepokan Tunggal Jati Nusantara (TJN) yang memimpin Ritual Maut di Pantai Payangan Ambulu.

Penetapan tersangka kepada Pria yang Tinggal di Kecamatan Sukorambi ini lantaran Ia dianggap tidak berhati-hati saat memimpin ritual di Pantai Payangan, sehingga membuat belasan jamaahnya tenggelam dan tewas di laut Jember Selatan. 

Kapolres Jember AKBP Herry Purnomo memaparkan bahwa, tersangka dianggap orang yang bertanggung jawab, atas tewasnya 11 orang yang tenggelam di Pantai Payangan Kecamatan Ambulu. 

"Yang menginisiasi ritual yang ada di Pantai Payangan, adalah sadara NH,  kemarin dari hasil perkara , sadara NH telah dilakukan penyidikan kemudian naik ke penyelidikan, dan sekarang saudara telah ditetapkan tersangka dan dilakukan penahanan," ungkapnya saat pres rilis di Mapolres Jember, Rabu (16/2/2022).

Menurutnya, berdasarkan saksi yang telah diperoleh, tersangka tidak mengindahkan peringatan warga Payangan, agar tidak menggelar ritual yang terlalu dekat dengan laut. 

"Dan kegiatan itu dilakukan diarea berbahaya, karena masih terjangkau dengan ombak, dan tidak dipersiapkan sama sekali, alat-alat perlindungan , dari panita padepokan," tambahnyq

Sementara alat bukti yang telah diamankan, kata Herry berupa 1 unit mobile bermerek Avanza dan 1 unit mini bus Elf, serta pakaian dari para korban yang tenggelam di Payangan. 

"Barang bukti lain, berupa buku atau kitab yang biasanya digunakan saudara N,  untuk pengobatan, dan juga acara pengajian yang biasanya dilakukan Oleh N," tandasnya

Atas perbuatannya, polisi bakal menjerat dengan Pasal 359 dengan ancaman 5 tahun. "Pasal yang kita kenakan 359 KUHP dengan ancaman penjara 5 tahun," katanya penjara 5 tahun," tegasnya. (naw)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polisi Menahan Pemimpin Ritual Maut di Pantai Jember Selatan

Terkini

Close x