Translate

Iklan

Iklan

Ustadz Basalamah Akhirnya Minta Maaf Soal Wayang Haram dan Harus Dimusnakan

2/16/22, 11:30 WIB Last Updated 2022-02-16T04:30:27Z


Jakarta, MAJALAH-GEMPUR.Com. Setelah ramai menjadi kontrofersi di masyarakat mengenai pernyataanya bahwa wayang itu Haram dan harus dimusnakan, akhirnya Ustaz Khalid Basalamah mengklarifikasi sekaligus menyampaikan permintaan maaf.

Dirinya mengaku sama sekali tidak berpikir atau pun punya niat untuk menghapuskan wayang dari sejarah nenek moyang Indonesia atau misalnya menyuruh seluruh dalang-dalang bertobatlah kepada Allah ya, atau misalnya semua wayang harus dimusnahkan.

Pernyataan itu muncul saat Ia ditanya soal wayang, sebaiknya, disarankan jadikan Islam sebagai tradisi. “Jangan menjadikan tradisi sebagai Islam, tidak ada kata-kata saya mengharamkan”, jelasnya Melalui kanal YouTube Khalid Basalamah Official dan di sejumlah Medsos, Selasa (15/2/2022).

Dirinya mengaku bahwa dinya hanya mengajak agar menjadikan Islam sebagai tradisi. “Makna kata-kata ini juga, kalau ada tradisi yang sejalan dengan Islam, tidak masalah dan kalau ada yang bentrok dengan Islam, ada baiknya ditinggalkan. Ini hanya sebuah saran," lanjutnya.

Selanjutnya saat penanya, menanyakan cara tobatnya dalang. Ustads Khalid mengatakan bahwa hal itu sebenarnya mirip lingkupnya dengan pertanyaan mengenai bagaimana tobatnya seorang pedagang, seorang buruh, misalnya, disebutkan profesi.

 

"Maka saya sebagai seorang dai Muslim menjawab umumnya kaum Muslimin kalau bertobat, dan setiap Muslim pasti akan merasa bahagia-senang kalau diajak bertobat, dan memang jawabannya tobat nasuha, kembali kepada Allah dengan tobat yang benar," terangnya.

Kalu sudah bertaubat, dimusnahkan. “Bila ada orang yang tobat, misalnya seorang dalang, kalau sudah tobat, tidak mau lagi melakukan itu, maka mau diapakan wayang-wayang ini? Dikatakan, untuk sang dalang secara individu, maka dimusnahkan. Sebatas itu” jelasnnya.

Ia mengaku, saya sama sekali tidak berpikir atau pun punya niat untuk menghapuskan ini dari sejarah nenek moyang Indonesia atau misalnya menyuruh seluruh dalang-dalang bertobatlah kepada Allah ya, atau misalnya semua wayang harus dimusnahkan. “Anda mau melakukannya, itu hak Anda. Kami sedang ditanya, mohon maaf, lingkup taklim kami,"  ulasnya.

Untuk itu Ia menyampaikan permohonan maaf  “Saya Khalid Basalamah mengucapkan permohonan yang sebesar-besarnya dari hati nurani kami kepada seluruh pihak tidak terkecuali kepada semua yang terganggung tersinggung dengan jawaban kami tersebut,” kata dia.

Namun, Klarifikasi tersebut, katanya, bukan membenarkan sikap, tapi hanya untuk menjelaskan saja dan sebagai seorang muslim yang baik kalau ada sesuatu yang kita lakukan menyinggung orang lain maka kita ada baiknya meminta maaf,” pungkasnya. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ustadz Basalamah Akhirnya Minta Maaf Soal Wayang Haram dan Harus Dimusnakan

Terkini

Close x