Translate

Iklan

Iklan

Lima Maskot Porprov Jatim VII Tahun 2022 Resmi Diluncurkan Khofifah di Jember

6/14/22, 19:48 WIB Last Updated 2022-06-14T12:48:13Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke-VII Tahun 2022, Selasa (14/6/2022) siang resmi diluncurkan Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Lt. 2 Pendopo Kabupaten Jember.

Ada lima maskot yang diluncurkan Khofifah masing-masing adalah maskot pertama ‘CAK   BEKI’, (maskot Provinsi Jatim), kedua ‘SI JURA’ (Jember), 'SI ULUNG' Bondowoso. maskot dari Situbondo bernama 'SI BABAL'. Terakhir, maskot ‘SI RANCAK’ dari  Lumajang.

Kelima maskot Posprov kali ini diharapkan bisa menjadi representasi, tak hanya suksesnya acara, tetapi juga kesuksesan prestasi para atlet hingga kesuksesan ekonomi di keempat daerah yang menjadi tuan rumah.

"Semua maskot menjadi lambang yang bisa merepresentasi suksesnya penyelenggaraan Porprov Jatim VII Tahun 2022. Bagaimana sukses  penyelenggaraannya, sukses prestasinya serta   sukses ekonominya," ungkap Khofifah.

Di momen ini, Khofifah mengingatkan warga di empat Kabupaten tuan rumah bisa bersiap diri menyambut even akbar dua tahunan itu. "Kepada seluruh pelaku UMKM di wilayah itu. Mudah-mudahan sudah bisa bersiap-siap untuk menyambut tamu sekitar lima belas ribu," urainya.

Gubernur juga menaruh harapan besar Porprov ini bis menjadi wadah penjenjangan karir bagi atlet-atlet Jawa Timur. "Prestasi-prestasi itu harus bisa terkontrol, termonitor,  sehingga prestasi-prestasi itu bisa makin membanggakan kita semua," ujarnya.

Diharapkan juga akan lahir prestasi-prestasi hingga internasional. Oleh sebab itu, standarisasi venue olahraga pun akan dilakukan. "Maka tidak boleh ada venue yang ukurannya tidak standar. Kalau nanti tercapai prestasi pun tidak bisa dicatat sebagai katakan ini pecah rekor.," katanya.

Di akhir, Gubernur Khofifah kembali meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Jawa Timur untuk menyukseskan gelaran Porprov Jatim VII Tahun 2022. Bangkitnya olahraga di Jawa Timur diharapkan bisa terus berseiring dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin pesat.

Ketua Umum KONI Provinsi Jatim, M. Nabil mengatakan, bahwa semangat Porprov berbeda dari sebelumnya. Berbagai prestasi terus diraih atlet-atlet Jatim. Terbaru atlet remaja angkat besi asal Pacitan baru saja meraih juara dalam kejuaraan Angkat Besi dunia di Meksiko pagi ini.

Bernama Luluk Diana, putri asli Pacitan berusia 17 tahun yang juga Atlet binaan PABSI Jatim ini berhasil mengalahkan kompetitor dari Polandia (urutan 2) dan tuan rumah Meksiko (urutan 3) pada nomor 49 kg Putri.

"Jadi ini semakin mengarah dan mengena dengan tema kita. Dari Jatim untuk Indonesia, menuju prestasi dunia. Lebih hebat lagi rivalnya itu seratus lima belas lawannya seluruh dunia itu. Dia mengalahkan berhasil menang dengan selisih angkatannya cukup jauh," tuturnya.

M. Nabil juga turut menyampaikan terima kasih atas kerja keras seluruh pihak. "Kami sudah banyak dibantu. Ini adalah wujud bahwa kita sudah bisa mensinergikatn kegiatan olahraga dan kegiatan ekonomi atau yang sering kita sebut ada juga sport tourism," tutupnya.

Sementara itu, tercatat 5.185 keping medali akan diperebutkan dalam 47 Cabang Olahraga (Cabor) yang terbagi dalam 723 nomor. Sebanyak 18 Cabor akan digelar di Kab. Jember, sebanyak 14 Cabor di Kab. Lumajang, sebanyak 11 Cabor di Kab. Situbondo dan tujuh Cabor digelar di Kab. Bondowoso.

Total ada sebanyak 10.151 atlet, 823 official kontingen dan 3.512 official Cabor akan berlomba untuk menjadi juara di Bumi Majapahit.

Diketahui bahwa Porprov Jatim ke-VII tahun 2022 akan dihelat pada tanggal 25 Juni hingga 3 Juli 2022 mendatang di empat kabupaten wilayah tapal kuda. Yakni Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo.

Peluncuran ditandai dengan penekanan sirine oleh Gubernur Khofifah yang turut didampingi oleh Ketua Umum Koni Jatim M. Nabil, jajaran Forkopimda Jatim serta Bupati empat daerah tuan rumah Porprov Jatim VII Tahun 2022.

Arti Lima Maskot Yang Diluncurkan Dalam Porprof Jatim

Ada lima maskot yang diluncurkan yaitu ‘CAK   BEKI’ (maskot Provinsi Jatim) sebagai representasi salah satu fauna khas Jatim yakni Ayam Bekisar. BEKI merepresentasikan sifat berani, lincah, millenial dan berprestasi.

Selanjutnya  ‘SI JURA’ (maskot dari Kab. Jember) adalah karakter Macan Raung memakai Udeng Jember bermotif Tembakau. Macan Raung sendiri adalah karakter yang mempunyai keterikatan dengan nilai sejarah, budaya, dan spiritual masyarakat Jember.

Maskot ketiga adalah 'SI ULUNG' asal Kabupaten Bondowoso. Ulung menggambarkan sosok Singo Ulung yang merupakan Warisan Budaya Takbenda Indonesia asal Bondowoso. Menggunakan Kaos Lids Hijau, Jaket Sporty Merah, Samper Bank Bondowoso sambil memegang Obor Api, Ulung diharap bisa membawa nilai kompetitif, semangat berjuang yang berarti mahir di bidangnya.

Selanjutnya, ada maskot dari Kabupaten Situbondo bernama 'SI BABAL'. Babal menggambarkan Banteng Baluran yang mencerminkan kehati-hatian dan semangat dalam meraih impian. Sedangkan Pakaian khas Situbondo menggambarkan masyarakat Situbondo yang menjunjung tinggi etika dan estetika serta kesederhanaan.

Terakhir, ‘SI RANCAK’ maskot dari Kab. Lumajang. Si Rancak penggambaran kesenian khas dari Kab. Lumajang yakni kesenian Djaran Kencak. Merupakan simbol yang merepresentasikan Kelincahan, Kecepatan, Kekuatan, Ketangkasan dan menjunjung jiwa sportifitas. (*).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lima Maskot Porprov Jatim VII Tahun 2022 Resmi Diluncurkan Khofifah di Jember

Terkini

Close x