Translate

Iklan

Iklan

Kakankemenag Banyuwangi Melaunching ‘Pojok Cinta’ Pojok Cerita Indah Tentang Kita

8/17/22, 20:09 WIB Last Updated 2022-08-17T13:10:37Z


Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (17/8/2022) melaunching Pojok Cerita Indah Tentang Kita ‘Pojok Cinta’ yang ditempatkan di masing-masing KUA Kecamatan.

Peresmian Pojok Cinta yang bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, tidak hanya sebagai ruang curhat keharmonisan keluarga saja, tetapi juga semua problem sosial dalam keluarga, termasuk yang dihadapi oleh anak dan remaja.

"Privasi yang datang sangat terjaga, tidak akan tertulis nama orang yang pernah konsultasi, kecuali problem yang bukan rahasia," kata Kakankemenag Banyuwangi Dr. Moh. Amak Burhanudin kepada sejumlah awak media usai melouncing Pondok Cinta

Lebih lanjut Doktor lulusan UIN SATU Tulungagung ini memaparkan, bahwa selain datang langsung ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, warga masyarakat juga dapat melakukan konsultasi melalui saluran telepon maupun WhatsApp pada nomor yang ditentukan.

Dalam Pojok Cinta tidak hanya memanfaatkan lembaga intern, yakni Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4), tetapi juga lembaga lain, yakni Institusi Penerima Wajib Lapor Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Bhayangkara Indonesia (IPWL LRPPN-BI) Banyuwangi

Begitu pula dengan problem yang lain juga akan diselesaikan dengan lembaga yang berkompeten semisal Dinas Sosial, terkait Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan lain sebagainya.

Dijlentrehkan Amak, dalam operasionalnya Pojok Cinta juga bekerja sama dengan Bengkel Sakinah yang di gagasan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta ditingkat Kabupaten juga bermitra dengan Ruang Rindu (Ruang Pemberdayaan dan Perlindungan Ibu).

Menyinggung tentang nama Pojiok Cinta, Amak menjelaskan, hal ini lebih untuk memberikan kesan persahabatan dengan masyarakat. "Misal dengan istilah Ruang Konsultasi, kesan yang ditimbulkan adalah orang yang datang memang benar-benar bermasalah," kilahnya.

Yang melayani di Pojok Cinta merupakan tenaga profesional yang sebagian sudah mengikuti Bimtek Bimbingan Perkawinan tingkat Nasional. "Kemenangan Banyuwangi Rebound, gerakan bersama yang digelorakan Bupati Ipuk Fiestiandani untuk bangkit setelah semua sektor terdampak karena pandemi, sebagai motivasi dalam melayani masyarakat, dan inovasi Pojok Cinta ini merupakan sikap responsif dan sinergi dalam layanan," pungkas Kakankemenag asal Kediri ini.

Sementara Syafaat, sebagai penyusun Bahan Pembinaan Keluarga Sakinah di Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Si BMI) ikut menegaskan, bahwa dalam Pojok Cinta ini, KUA Kecamatan melibatkan seluruh Penyuluh Agama Islam (PAI) yang ada di KUA Kecamatan. Sehingga semua bidang penyuluhan dilibatkan dalam Pojok Cinta ini. "Problem sosial kemasyarakatan kita tanggulangi secara bersama-sama dengan melibatkan semua pihak," tandasnya. (kim)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kakankemenag Banyuwangi Melaunching ‘Pojok Cinta’ Pojok Cerita Indah Tentang Kita

Terkini

Close x