Translate

Iklan

Iklan

Politeknik Negeri Jember Latih Pengolahan Produk Kelapa Terpadu Berbasis Zero Waste Kepada UMKM

9/14/22, 15:45 WIB Last Updated 2022-09-14T08:49:10Z


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Wuluhan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Jember, Jatim sebagai penghasil kelapa tertinggi dengan kualitas daging sangat tebal.

Buah kelapa dapat diolah menjadi berbagai produk yang memiliki nilai jual tinggi. Selain itu limbah buahnya juga dapat dimanfaatkan sebagai produk turunan yang memiliki nilai ekonomis.

Produk utama dari daging kelapa adalah minyak kelapa murni yang dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO). Produk VCO menjadi makin dicari konsumen karena VCO mempunyai khasiat yang baik terhadap kesehatan antara lain dapat menurunkan berat badan, sebagai anti oksidan, antivirus, antiprotozoa dan anti bakteri.

Limbah kelapa parut dapat dimanfaatkan menjadi kelapa parut kering yang memiliki manfaat sebagai bahan baku atau tambahan makanan maupun kue. Air kelapa yang dianggap limbah pun dapat dimanfaatkan menjadi sirup kelapa. Selain itu, tempurung kelapa yang dianggap sampah dapat diolah menjadi produk arang aktif yang memiliki banyak manfaat dan bernilai ekonomis.

Besarnya potensi yang ada di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Jember Dosen Jurusan Produksi Pertanian Irma Harlianingtyas, S.Si., M.Si. selaku ketua pengabdian masyarakat terpanggil ingin memberikan pelatihan pengolahan produk kelapa yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan warga Desa Lojejer dan mengurangi limbah olahan produk kelapa.

Ir. Usken Fisdiana, M.ST selaku anggota pelaksana tim pengabdian masyarakat mengungkapkan bahwa kegiatan untuk menumbuhkan kembangkan UMKM di tingkat desa akan memberikan manfaat ekonomis untuk perputaran ekonomi ditingkat desa.

“Perlu adanya kegiatan pelatihan yang berbasis kearifan lokal untuk menjaga kelestarian alam dan keberlangsungan produk olahan kelapa” ungkap Satria Indra Kusuma, S.E., M.M. selaku anggota pelaksana.

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul Pengelolaan Produk Kelapa Terpadu Berbasis Zero Waste Tanggal 23-30 Juli 2022 di UMKM Berkah Sejahtera Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota UMKM Berkah Sejahtera dalam mengembangkan produk olahan kelapa berupa VCO, Kelapa Parut Kering, Sirup Kelapa, Arang Aktif, dan Asap Cair. 

Selama proses pelaksanaan peserta bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, hal ini terlihat selama proses penyuluhan peserta aktif bertanya dan berdiskusi.

Selama praktik pembuatan produk olahan kelapa para peserta tampak semangat dan sesuai arahan yang disampaikan tim pelaksana sehingga semua produk berhasil dibuat dengan benar. Kegiatan ini juga memotivasi UMKM Berkah Sejahtera untuk mengembangkan jenis produk yang dijual. (*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Politeknik Negeri Jember Latih Pengolahan Produk Kelapa Terpadu Berbasis Zero Waste Kepada UMKM

Terkini

Close x