Translate

Iklan

Iklan

Jelang Batas Moratorium Pilkades Pada Pemilu 2024,Pelantikan Kades PAW di Jember Dipercepat

10/30/23, 22:24 WIB Last Updated 2023-10-30T15:24:36Z


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kejar tayang terkait batas moratoriam SE Menteri Dalam Negeri (Mendagri), pelantikan Kepala Desa (Kades) Pemilihan antar waktu (PAW)  Jember dipercepat.

Hal itu menyikapi Surat Edaran  (SE) Mendagri, pada 14 Januari 2023 tentang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa pada Masa Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang mempersyaratkan bahwa pelaksanaan pilkades terakhir sampai bulan oktober, Nopember sudah dilakukan moratorium.

Atau tidak boleh dilakukan lagi tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), mulai dari tahap pendaftaran sampai dengan proses pelantikan. “ini yang akhirnya pelantikan dipercepat”, kata Kepala Dispemasdes Jember Adi Wijaya, usai pelantikan di Pendopo Bupati Senin (30/10/2023) malam.

Adi mengaku untuk mengejar taget tersebut,, Ia berusaha semaksimal mungkin, salah-satunya dengan menghimbau kepada Calon kepala desa PAW terpilih pada 26 Oktober 2023 lalu agar mempersiapkan terkait dengan atributnya jauh-jauh saat terpilih sebagai kepala desa definitif melalui Musdes PAW,.

Ia bersyukur dalam waktu singkat, dari 4 Kades ini bisa mempersiapkan atribut. “Mungkin Ini, tanda kutip menimbulkan pertanyaan, ada pa ini kok cepat,  karena salah-satunya batasan dari se mendagri,  yang tidak boleh melaksanakan Pilkades mulai awal Nopember 2023” Pungkasnya.

Dari empat Kades yang dilantik masing-masing adalah  1. Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas calon kepala desa terpilih adalah Sukamit (laki-laki). 2. Desa Kasiyan Kecamatan Puger calon kepala desa terpilih adalah Hadi Siswoyo (laki-laki).

Kemudian 3. Desa Sruni Kecamatan Jenggawah dengan calon kepala desa terpilih adalah Afifah Nur Khotimah (perempuan) 4. Desa Sumberjambe Kecamatan Sumberjambe dengan calon kepala desa terpilih adalah Muzaki. (eros).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Batas Moratorium Pilkades Pada Pemilu 2024,Pelantikan Kades PAW di Jember Dipercepat

Terkini

Close x