Translate

Iklan

Iklan

Rumah Sakit Siloam Jember Kembali Buka Layanan ’Selangkah’ Skrining Kanker Payudara Gratis

3/04/24, 22:20 WIB Last Updated 2024-03-04T15:20:30Z


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Rumah Sakit (RS) Siloam Lippo Mall Jember Jawa Timur tahun ini kembali mebbuka layanan Skrining Kanker Payudara Gratis m,elalui program  Selangkah (SEmangat LAwan KAnker)

Program Selangkah adalah suatu program corporate social responsibility (CSR) dari Rumah Sakit (RS) Siloam untuk membantu masyarakat yakni pemeriksaan Kanker Payudara kepada wanita Indonesia, terutama bagi yang tinggal di daerah dengan akses terbatas terhadap layanan kesehatan.

"Dalam program tahun kedua ini dapat suport Ibu Bupati yang juga Ketua Yayasan kanker Indonesia (YKI) cabang Jember dan Dinas Kesehatan”, kata Direktur RS Siloam Jember dr Rekki Budiono Susanto usai MoU dengan Ketua YKI, Dra Hj Kasih Fajarin kepada sejumlah awak media Senin (4/3/2024)

Target pada tahun ini, lanjut dr Rekki adalah 1000 wanita yang memenuhi Kriteria hingga akhir tahun 2024, salah satunya, wanita berumur 50 tahun ke atas dan memiliki risiko tinggi (terkena kanker payudara).

Apabila nanti dari hasil pemeriksaan, pasien tersebut ternyata mempunyai penyakit kanker payudara. Mereka bisa melanjutkan untuk pengobatan lanjutan. "Karena rata-rata pasien yang positif menderita kanker payudara, baru terdeteksi saat mereka  lanjut usia," katanya.

Ia menjelaskan, Rumah Sakit Siloam melakukan pemeriksaan kanker payudara gratis tidak serempak dalam sehari cuma dibatasi 20 pasien.  "Pemeriksaan dilakukan di rumah sakit ini, karena alatnya ada disini. kami menggunakan sistem Mammografi, satu hari dibatasi 20 (pasien)," ucapnya.

Kuotanya tahun ini lebih besar dibandingkan tahun 2023 yang hanya mendapatkan jatah untuk 200 pasien. "Kalau sekarang kuotanya capai 1000,. Sementara untuk total kuota se Indonesia Tahun kemarin 12.000 wanita dan tahun  ini 50.000 pasien.," katanya.

Untuk itu, Ia meminta masyarakat bisa memanfaatkan program ini melalui Puskesmas setempat, Tidak perlu takut untuk periksa. Misalkan ditemukan benjolan di payudara, segera periksa. "Mumpung gratis. Soalnya kalau biaya normal untuk pemeriksaan itu mencapai Rp 600.000," pungkasnya. (Yond/Eros)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rumah Sakit Siloam Jember Kembali Buka Layanan ’Selangkah’ Skrining Kanker Payudara Gratis

Terkini

Close x