"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, December 30, 2013

Berkat Ritus Kebo-keboan, Alas Malang Akan Dijadikan Desa Budaya

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dankebo-keboan
Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bupati Banyuwangi bertekat jadikan Alas Malang sebagai desa Budaya. Pasalnya Ritus Kebo-keboan yang digelar setiap awal bulan Suro ini mampu menyedot ribuan penonton dan diakui berbagai kalangan.


“Akan segera kita komunikasikan dengan Kepala Desa Alasmalang dan Forpimka Singojuruh, agar Desa Alasmalang, ini benar-benar terealisasi menjadi Desa Budaya,” Kata Plt Kepala Disbudpar, M Yanuarto Bramuda, saat ditanya terkait tekad Bupati yang akan menjadikan Alasmalang sebagai desa budaya Senin (30/12).

Diberitakan sebelumnya bahwa Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas ketika memberikan sambutan pada ritual khusus (Ritus) Kebo-keboan di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh Minggu (10/11) bertekad akan menjadikan desa Alas malang menjadi desa budaya.

Pasalnya potensi budayanya diakui banyak masyarakat, bahkan tradisi ini menjadi icon Pemkab Banyuwangi dan menjadi nominasi festival dunia. “Tidak salah kalau Desa Alasmalang ini layak dan pantas menyandang predikat Desa Budaya sebagaimana Desa-desa lainnya, mengingat potensi budayanya di akui oleh khalayak ramai”. Tegas Kang Anas, panggilan akrab Bupati asal Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Tegalsari.

Bahkan menurut Anas Ritus ini sudah dimasukan dalam kalender wisata melalui Dibudpar. “Ritus Kebo-keboan (Tradisi minta hujan, tolak balak dan bentuk rasa syukur atas hasil petani; red) di Desa Alas Malang ini sudah masuk kalender wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dibudpar) Banyuwangi.” ujarnya.

Anas, berharap Steak Holder di Desa Alasmalang maupun Kecamatan Singojuruh, agar melakukan upaya-upaya untuk menuju Desa Alasmalang sebagai Desa Budaya. “Secara khusus tidak akan kita gelontor dana atau anggaran, karena pernah suatu Desa kita gelontor dana malah tidak jadi apa-apa tetapi yang terjadi gegeran di antara mereka,” ungkap Bupati Anas. (Hakim Said).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: