"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Rabu, 25 Februari 2015

Menteri Pertanian Bersama Muspida Dan Warga Panen Raya Di Ngawi

Ngawi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Menteri Pertanian Republik Indonesia Bapak H Amran Sulaiman Rabu siang (25/2) bersama Muspida Bersama Warga melaksanakan Panen Raya di Desa Geneng Kecamatan Geneng.

Didampingi Kadis Pertanian Jatim, beserta Bupati, Dandim 0805, Kapolres, Kasi Intel Korem 081/DSJ, Kasiter Korem 081/DSJ dan seluruh Kadis Kabupaten Ngawi Menteri Amran menyampaikan rasa bangganya dengan hasil yang diperoleh petani .

Masyarakat yang mengikuti Panen Raya yang berlangsung dari pukul 12.30 Wib s.d. 14.15 Wib terlihat sangat antusias. Kurang lebih 1500-an masyarakat berkumpul di Desa Geneng untuk mengikuti panen raya tersebut.  Panen raya kali ini diperkirakan dapat menghasilkan 8,8 Ton/hektar.  

“Dengan adanya Panen Raya ini maka stok Beras dalam negeri dapat bertambah. Saya sangat senang dan bangga dengan hasil yang diperoleh para petani di Kabupaten Ngawi, ” ujar Menteri Pertanian H. Amran Sulaiman.

Mentan juga menyampaikan apabila seluruh daerah di Indonesia dapat melakukan panen raya maka target swasembada pangan bisa terpenuhi dalam kurun waktu dekat ini. Bahkan dia berucap pencapaian target swasembada padi khususnya akan dipercepat kurang dari tiga tahun.

Langkah itu akan dapat direalisaikan dengan melakukan identifikasi permasalahan menyangkut produktifitas seperti sarana irigasi, pupuk, benih dan alat pertanian. “Kuncinya pada perbaikan irigasi, benih serta pupuk, jadi kalau itu terpenuhi saya yakin produktifitas akan naik,” terang Mentan.

Mentan menjelaskan, terhambatnya swasembada pangan beberapa tahun terakhir tidak lepas permasalahan internal pertani sendiri. Dia mencontohkan kerusakan irigasi yang mencapai 52 persen menjadi faktor utamanya disamping rendahnya penyerapan benih yang hanya 20 persen.

Dandim dalam kesempatan ini juga menyampaikan bahwa seluruh Prajurit jajaran Kodim siap membantu Pemerintah dan para petani dalam mensukseskan program Ketahanan Pangan Nasional di wilayah Kodam V Brawijaya. (midd)

Berita Terkait Pertanian

Tidak ada komentar: