"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Thursday, 27 August 2015

Ribuan Personil Dikerahkan Untuk Amankan JFC 2015

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Polres Jember siapkan 2000 personil gabungan untuk amankan Even Dunia Jember Fashion Carnaval (JFC), sejak Kamis hingga Minggu 26 – 30 Agustus 2015 di sekitar Alun-alun Jember Jatim.

"Pengamanan JFC dilakukan oleh Polri, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan TNI. Untuk jajaran Polres Jember kami menyiagakan 250 personel,” Demikian kata Kepala Bagian Operasi Polres Jember, Kompol Kusen Hidayat, seusai memimpin apel persiapan pengamanan di halaman Mapolres Jember Kamis (27/8).

Ratusan personel tersebut disiagakan disejumlah titik masuk yang mengarah ke alun-alun Jember. Petugas yang berjaga sekaligus membantu pengalihan arus lalu lintas. "Akses jalan menuju alun-alun dan kota akan ditutup total dan dijaga ketat oleh anggota," jelasnya.

Menurutnya ribuan personel tersebut akan disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan parade busana sepanjang 3,6 kilometer di Jember dan membantu pengalihan arus lalu lintas. "Akses jalan menuju alun-alun dan kota akan ditutup total selama empat hari yakni mulai hari ini hingga Minggu (30/8)," tuturnya.

Pengamanan JFC, lanjut dia, juga dibantu oleh Brimob Polda Jatim yang mengamankan di sejumlah titik keramaian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung.

Kusen memastikan, dalam pelaksanaan pengamanan event maupun pengalihan arus nanti, anggotanya akan mengedapankan sikap humanis dan pendekatan-pendekatan pesuasif. "Kami akan menggunakan pola pengamanan yang humanis, sehingga dijamin tidak ada kekerasan yang akan dilakukan oleh petugas keamanan yang ada dilapangan,” paparnya Jumat (28/8)

Informasi yang dihimpun menyebutkan, Khusus untuk pengalihan jalur hari kedua ini berbeda dengan penyelenggaraan pada hari pertama. Sebab rute yang dilalui oleh peserta berbeda. Penutupan dan pengalihan arus lalu lintas dilakukan di sejumlah tempat yang akan dilalui para talent.

Jalur utama yang menuju ke alun-alun kota Jember ditutup total, diantaranya di perempatan SMPN 2 Jember, Jalan PB Sudirman. Di depan Bank Indonesia Jl. Gajah Mada, serta perempatan Polres Jember Jalan Kartini. Sejumlah ruas itu ditutup dan jalur dialihkan ke jalan alternatif hingga pagelaran usai dilaksanakan.

"Penutupan dan pengalihan arus rencananya dilakukan pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB, namun hal tersebut tergantung kondisi di lapangan," katanya.

Sedangkan pengamanan kegiatan, polisi berjaga di runway Jalan Sultan Agung hingga Jalan Gajah Mada. Ratusan aparat disebar disepanjang barikade besi yang disiapkan panitia sebagai pembatas antara peserta dan penonton. Khusus di area tamu VIP dan VVIP, serta penonton bertiket yang berada di depan Kantor Pemkab Jember, pengamanan dilakukan oleh satuan pengamanan internal dari kepanitiaan. (edw)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: