"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Selasa, 18 Agustus 2015

Setjen Wantannas Akan Bawa Aspirasi Petani Jember Ke Presiden

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Seketaris Jendral Dewan Ketahanan Pangan Nasional (Sesjen Wantanas), Letjen TNI Waris, menghimbau kepada petani agar memanfaatkan pupuk organik dan jangan mengandalkan pupuk pabrikan.

Penggunaan pupuk organik untuk menghindari agar tanah tidak jenuh “Penggunaan pupuk organik itu untuk menghindari agar tanah tidak jenuh yang berakibat kepada hasil panen,” jelasnya, saat berdialog dengan sejumlah kelompok tani dari empat kecamatan di Jember. Selasa (18/8).

Kepada sejumlah petani dari Kecamatan Kencong, Sumberbaru, Tanggul dan Semboro, di area persawahan Desa Pondok Waluh Kecamatan Kencong. Untuk itu, kata Waris, pemerintah harus diberi masukan oleh petani agar kebijakan-kebijakannya dapat berpihak kepada pahlawan pangan tersebut.

“Agar hasil (panen) nya berkesinambungan pemerintah butuh diberi masukan. Dan saya datang kesini menjaring informasi dari petani untuk disampaikan kepada pemerintah dengan tujuan agar Indonesia semakin maju dan berdaulat dalam hal ketahanan pangan,” terangnya.

Apa yang disampaikan Sesjenwantanas itu kontan mendapat sambutan hangat dari petani. Kepada jenderal kelahiran Kabupaten Malang tersebut mereka menyampaikan keluh kesahnya tentang harga pupuk yang mahal, sedangkan harga jual gabah murah. Tak hanya itu, petani juga mengeluhkan infrastruktur lahan pertanian yang dinilai oleh petani belum memadai

Menanggapi keluhan tersebut, Waris berjanji akan menyampaikan semuanya kepada Presiden Republik indonesa, Joko Widodo. “Nanti akan kami sampaikan (kepada Presiden) dengan harapan agar diteruskan semua kepada tupoksi masing masing seperti dinas pengairan agar memfasilitasi infrastruktur, dinas pertanian agar bisa membantu para petani mengembangkan bibit unggul,” paparnya.

Selain tatap muka dengan petani Sesjen wantannas juga mengunjungi DAM di area Pondokwaluh ia juga berkesempatan memanen padi unggulan dari kelompok tani pondokjoyo, serta memasang Gupon (sarang buatan) untuk Burung Hantu. (ruz/st1)

Berita Terkait Pertanian

Tidak ada komentar: