"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, September 16, 2015

Pakde Karwo Berkomitmen Akan Menjaga Situs Biting

Lumajang, MAJALAH-GEMPUR.Com. Para pelestari Situs Biting yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Peninggalan Majapahit Timur (MPPM Timur), Rabu, (16/9) melakukan audiensi dengan Pemprof, ditemui Gubernur Jawa Timur Dr. Sukarwo di ruang rapat Kertanegara.

Pertemuan dengan Gubernur Jawa Timur yang  akrab dipanggil Pak Dhe Karwo berlangsung secara gayeng. Para pelestari situs biting ini melaporkan perkembangan pelestarian Situs Biting pasca diterimanya SK Cagar Budaya dari Gubernur Jawa Timur.

“Situs Biting itu adalah Cagar Budaya Jawa Timur yang menjadi kebanggaan bagi warga Lumajang, sehingga kita akan senantiasa menjaganya,” kata Mansur Hidayat, Ketua MPPM Timur menceritakan hasil pertemuannya dengan Pemprov Jawa Timur.

Para pelestari juga mengeluhkan kurangnya perhatian pemerintahan Kabupaten Lumajang. “kami menggagas Museum dan merintis pembangunan fasilitas umum sendiri, karena Pemkab Lumajang belum menganggarkan dalam programnya”, tambah pria pemulis buku Arya Wiraraja ini.

Pak Dhe Karwo mendengarkan perkembangan dan laporan dari para pelestari Situs Biting tersebut dengan seksama dan menyatakan terima kasih kepada pelestari yang telah bersungguh-sungguh merawat dan melestarikan Situs Biting.

Dalam penjelasanya kemudian, Pak Dhe Karwo menyatakan bahwa tahun 2015 adalah “Tahun Kebudayaan” yang tentu saja nantinya dari kebudayaan ini dapat menjadi dasar untuk menumbuhkan semangat nasionalisme.

Sebagai tambahan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memberi perhatian khusus terhadap Situs Biting termasuk memberi dana khusus untuk pelestarian. Tak lupa juga Pak Dhe Karwo mengingatkan pada jajaran dibawahnya agar selalu menjaga dan merawat peninggalan bersejarah. (ek/din)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: