"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, November 24, 2015

Peringati Hari Menanam Pohon, UNEJ Tanam Pohon Khas Jember

Jember, MAJALAH-GRMPUR.Com. Mungkin tidak banyak yang tahu jika Jember miliki tanaman khas, pohon Selasihan. Tanaman yang memiliki banyak kegunaan ini hanya tumbuh dengan baik di Jember dan sekitarnya.

Guna memperkenalkan pohon Cinnamomum parthenoxylon (Jack Meissn), sekaligus memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), sivitas akademika Universitas Jember Selasa (24/11). mengadakan kegiatan penanaman pohon Selasihan di kampus Tegalboto.

Penanaman bibit pohon Selasihan ini dilakukan oleh Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid bersama Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, disela-sela membuka kegiatan Jambore Nasional Buruh Migran 2015 yang dilaksanakan di Universitas Jember

Menurut ketua panitia, Dr. Ir. Marga Mandala, MP, Sengaja memilih ini, agar dikenal khalayak luas. “Pohon ini,  hanya tumbuh dengan baik di Jember dan sekitarnya. Selain kayunya bermutu baik, bisa juga digunakan bahan aroma terapi. Sayangnya masih belum banyak warga yang tahu,” jelas dosen Fakultas Pertanian Unej ini.

Selain pohon Selasih, juga ditanam bibit pohon langka lainnya seperti bibit Kepel, Gaharu, Dewandaru, Timoho, Wuni, Kemiri, Pronojiwo, Nogosari, Menyan, Duwet, Slorea, Pulai, Temurui dan Cendana. “pohon Kepel (Stelechocarpus burahol), lambang Pohon Persatuan dan Kesatuan” Jelasnya Marga

Penanaman bibit ini, selain sebagai usaha pelestarian, juga sekaligus sebagai tetenger bahwa Universitas Jember berkomitmen menjadi Universitas Kebangsaan. Rencananya ada 200 bibit tanaman langka dan 1000 bibit tanaman perkebunan yang akan ditanam di areal kampus Tegalboto.

“Targetnya, tahun 2017 bakal menjadikan Kampus Kebun Raya. Selain berfungsi sebagai daerah ruang terbuka hijau, paru-paru kota, dan areal tangkapan air, juga menjadi wahana rekreasi edukatif bagi warga Jember dan sekitarnya,” tambah Marga.   

Universitas Jember juga akan melakukan gerakan menanam pohon diberbagai daerah. Misalnya saja di Desa Sumber Salak, Kecamatan Ledokombo, akan ditanam 10.300 bibit tanaman yang terdiri dari bibit pohon Sengon, Klengkeng, Mangga, Jambu Merah. Unej juga akan menyebar dan menanam 30.000 bibit pohon di lokasi-lokasi dimana mahasiswa Universitas Jember melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Menurut Kepala Humas dan Protokol Unej, Agung Purwanto, selain dari Unej, bibit, sumbangan mitra, diantaranya  dari PT. Perhutani yang menyumbangkan bibit pohon Selasihan, sementara bibit pohon Kepel berasal dari Bank BRI Cabang Jember dan Balai Pengelolaan DAS Sampean.

“Karena November ini juga memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, maka ada kegiatan pelepasan 51 burung kutilang dan trucukan sebagai simbol usia Unej mencapai 51 tahun. Burung tersebut adalah sumbangan dari Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Wilayah III Jawa Timur,” pungkasnya. (midd)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: