"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Thursday, December 31, 2015

Seluruh Perwira Kepolisian Resort Jember Jalani Tes Urine

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Jelang pergantian tahun 2016, Seluruh Perwira, Kepolisian Resort Jember, jalani tes urine, Ini merukan bentuk antisipasi penyalahgunaan narkoba di internal Polri, sebelum menjalankan tugas.

Tes urine dilakukan secara mendadak. "Tes urine tersebut dilakukan secara mendadak dan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Polri untuk mengantisipasi penggunaan narkoba di kalangan anggota kepolisian," kata Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif, Kamis (31/12).

Menurutnya, anggota kepolisian sebagai aparat penegak hukum harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, sehingga sebelum menjalankan tugas, jangan sampai ada anggota polisi yang positif mengonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang.

Kegiatan ini juga wujud tanggung jawab polisi sebagai penengak hukum, serta menunjukkan keseriusan Polres Jember dalam memerangi peredaran narkoba. "Tes urine instruksi langsung Kepolisian Daerah Jawa Timur, sebagai upaya menekan penggunaan narkoba karena anggota polisi harus bebas dari narkoba," tuturnya.

Apabila ada anggota yang positif, akan dikenai sanksi tegas sesuai hukum yang berlaku dan sanksi disiplin. "Semua pejabat di Polres Jember mengikuti tes, termasuk saya dan Wakapolres, serta seluruh perwira yang merupakan kepala satuan, kepala bagian, dan kapolsek di 31 kecamatan di Jember," tambahnya.

Untuk itu Sabilul mengingatkan anggota jangan coba-coba "Ada tindakan tegas kepada polisi yang positif mengonsumsi dan menyalahgunakan narkoba, sehingga saya ingatkan kepada anggota jangan coba-coba untuk mengonsumsi barang terlarang tersebut," Tegasnya.

Kasat Narkoba Polres Jember, AKP Sukari, menjelaskan, sepanjang tahun 2015 hanya ada satu orang anggota Polres Jember yang diduga mengkonsumsi narkoba. Hal ini terungkap berdasarkan laporan salah seorang keluarganya. Bahkan, saat ini yang bersangkutan sudah dikenai tindakan disiplin polri.

Sementara dari analisa dan evaluasi penanganan kasus, angka kriminalitas di Kabupaten Jember sepanjang tahun 2015 turun bila dibandingkan tahun 2014 lalu. Hal ini terjadi karena Polres Jember terus berupaya menekan tingkat kriminalitas melalui 9 program unggulan. (edw)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: