"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, May 13, 2016

Kenalkan Cemilan Dodol Selai Jamur Khas Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Festifal kuliner Pandalungan yang mengankat prodak lokal khas kabupaten Jember, sejak Jumat sore (13/5), disambut antusias warga. Tak kurang dari 30 peserta mengikuti kegiatan ini.

Dalam Festival ini juga diperkenalkan Dodol Selai Jamur dan menu lain berbahan beras dari singkong yaitu beras kebuli, dan, Acara semakin meriah, ketika dihinyr dengan kesenian daerah, seperti musik patrol dan seni macan-macanan kaduk serta pertunjukan pencak silat asli Kabupaten Jember.

Tampak Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR, yang sore itu bersama Bupati Parigi Moutong, Sulawesi Tengah beserta rombongan yang sedang studi banding, langsung mencicipinya dan bertanya bahan dan cara untuk memasaknya, serta menjelaskan kepada para tamu dari Kabupaten Parigi.

Festival ini bertujuan memperkenalkan kuliner khas jember serta mengangkat budaya lokal. “Kami ingin mengangkat potensi para entrepreneur muda, untuk para pemenang lomba, menunya akan dijadikan makanan khas Jember yang disajikan pata tamu-tamu Pemkab Jember” Kata Bupati Faida

Menurut Wabup Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, selama ini Jember belum memiliki masakan khas asli Jember, sehingga harapannya kegiatan ini akan muncul. “Selain menjadi destinasi wisata edukasi, Jember juga memiliki kuliner yang tidak kalah enaknya jika dibandingin dengan daerah lain.” Katanya.

Dalam acara oleh kantor pariwisata dan Dinas Koprasi Usaha Kecil Menenga (UMKM), tampak warga kampung religi di kawasan Pondok Pesantren Al-Qodiri Gebang Poreng kecamatan Patrang ini menampilkan camilan Dodol selai jamur sebagai menu utama.

Sumanto selaku lurah gebang, ikut mempromosikan cemilan yang dikelolah warganya. "Cemilan Dodol selai asli hasil dari kreatifitas dari warga, mereka bukan hanya membuat cemilan tetapi juga membuat kerajinan tangan seperti gelang kalung dan lain-lain" katanya

Sumanto menyampaikan ucapatn terterima kasih Pemkab Jember yang sudah memberi kesempatan warganya untuk ikut berpartisipasi dalam acara Festival kuliner Pandalungan khas jember. “Saya berharap masyarakat lebih semangat dan lebih giat lagi untuk lebih kreatif lagi" pungkasnya (fur/eros)

Berita Terkait Industri

No comments: