Selamat Hariraya Idul Fitri 2017 "Minal Aidin Walfaizin", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Senin, 27 Maret 2017

Ritual Ogoh-ogoh Di Jember Sedot Ribuan Pengunjung

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ribuan pungunjung dari berbagai pelosok daerah di Kabupaten Jember dan Kabupaten lumajang Jawa Timur Senin malam, (27/3) datangi parade arak-arakan ritual ogoh-ogoh di desa Sukoreno, Kecamatan Umbulsari.

Ada 6 buah ogoh-ogoh berbagai bentuk dan ukuran, satu buah Kereta kencana dan tari-tarian khas umat hindu serta pujian-pujian menggema di sepanjang jalan rute kurang lebih 3 KM tersebut. Kegiatan ini digelar untuk memperingati jelang Hari Raya Nyepi Umat Hindu Tahun saka 1939

Sejak sore hari pada pukul 18.00 hingga pukul 23.30 Wib ribuan pengunjung memadati sepanjang  jalan yang dimulai dari dusun krajan kidul Gank 2 Hingga Gank 6 ini, termasuk muspika dan salah satu anggota DPRD Jatim dari Praktisi Golkar.

Anggota Komisi D DPRD Jatim  H Karimullah Dahrujiadi S'P ini sangat kagum atas kerukunan Agama dan keanekaragaman budaya "Saya bangga dengan kerukunan beragama disini, ini patut di contoh, inilah indonesia kecil dan patut diapresiasi" ujar praktisi murah senyum yang biasa akrab di panggil Ji karim ini.

Kepala Desa Sukoreno H.Hoiri mengatakan rasa bangganya, ini akan kami jaga sampai kapanpun. Perayaan ogoh-ogoh ini adalah salah satu bukti dari sekian banyak seni dan budaya yang bisa ditampilkan ditengah-tengah kehidupan masyarakat yang berbeda agama" ujarnya

Menurutnya, usai perayaan ini, besok umat hindu akan menjalankan ritual amati geni “Kami sebagai umat Muslim akan menjaga dan menghormati agar warga umat hindu dapat menjalankan ibadahnya dengan tenang, aman dan nyaman” pungkas beliau. (edw)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: