"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, August 20, 2017

Bandara Notohadinegoro Segera Jadi Embarkasi Haji Antara

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Seminggu usai lawatan Presiden RI, Joko Widodo ke Jember, Menhub, Budi Karya Sumadi segera mewujutkan Bandara Notohadinegoro menjadi Embarkasi Antara.

Kunjungan kerja Menteri Perhubungan (Menhub) ini menindaklanjuti janji Jokowi, yang akan membangun Bandara Notohadinegoro menjadi Bandara Embarkasi Haji Antara," Kata Bupati Jember, Faida, usai menyambut kedatangan Menhub di Bandara Notohadinegoro Minggu (20/8)

Menhub beserta rombongan tiba di bandara sekitar pukul 11.00 wib siang dengan menggunakan pesawat jenis Hawker 900-XP.  Tampak yang ikut dalam rombongan selain ajudan, terlihat pula Ditjen Perhubungan Laut, Tonny Budiono dan Ditjen Perhubungan Udara, Agus Santoso.

Sebelumnya, Presiden merestui perluasan bandara dari  APBN sebesar  Rp 300 miliar. Hal itu disampaikan ketika kunjungan kerja dua hari di Jember sepekan lalu.  "Sehingga hari ini Menhub datang untuk melakukan peninjauan fasilitas dan akan melakukan rapat pengembangan bandara," Jelasnya. 

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, memastikan dua tahun lagi Bandara Embarkasi Haji Antara di kabupaten setempat akan terwujud.  "Berkaitan dengan bandara umroh haji nanti kita upayakan semaksimal mungkin," katanya.

Rencana pengembangan itu akan diwujudkan melalui APBN senilai Rp 370 miliar. Tahap pembangunan tersebut akan dilakukan mulai tahun 2018 hingga 2019. "Kami sebagai menteri teknis akan memastikan instruksi Presiden tersebut kita laksanakan," jelasnya. 

Dengan pengembangan tersebut memungkinkan Bandara ini didarati pesawat berukuran lebih besar, seperti Boeing dan Air Bus. Sehingga pesawat itu sudah bisa take off maupun landing di Jember. “Yang penting orang itu sudah dapat pasar disini tidak harus ke Surabaya,” terangnya. 

Sekarang ini masih tahap perencanaan, mulai dari memanjangkan, melebarkan dan mengeraskan landasan pacu (run way) maupun memperluas pelataran (apron) pesawat. "Terminalnya juga akan kita perbesar, dengan begitu, Jember makin tampil, kreasinya akan dengar, yang bagus semakin bagus,” katanya.

Pengembangan bandara ini juga memberikan kesempatan lapangan kerja dan berdampak ekonomi, dengan meningkatnya kunjungan wisata  maka toko souvenir dan perhotelan bakal berkembang.  “Yang paling penting adalah orang yang mau beribadah, lancar," Pungkasnya. (edw).

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

No comments: