"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Senin, 07 Agustus 2017

Jalan Pos Deandles Situbondo Kembali Berfunfsi

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Berfungsinya kembali Pos Deandles Blok Maduran, yang kini menjadi Jalan Kangean, Dusun Kota Timur, Desa / Kecamatan Besuki  Kabupaten Situbondo Jawa Timur, disambut gembira.

Pasalnya,disepanjang ruas jalan yang menjadi saksi bisu sejarah itu, kondisinya sudah cukup lama sepi dan tampak terabaikan.  Jalan itu, dulunya berfungsi sebagai akses jalan utama antar daerah  pengangkut berbagai komoditi daerah seperti gula serta produk-produk tropis penting lainnya.

"Kondisi di sepanjang ruas Jalan Kangean itu sudah tidak seperti bulan dan tahun-tahun sebelumnya. Sekarang sudah mulai ramai lagi,"  Demikian diungkapkan seorang tokoh masyarakat Besuki, Reda Madusuki (51),
warga Dusun Gudang Arang, Senin (7/8).

Menurut Reda, kondisi jalan legendaris itu sepi sejak akses jalan baru arah Surabaya-Banyuwangi berpindah ke sebelah selatan Jalan Kangean. "Sejak jalur transportasi arah Surabaya-Banyuwangi pindah ke sebelah selatan Jalan Kangean pada tahun 1947, aktivitas ruas Jalan Kangean terabaikan," ungkapnya.

Namun sejak Jalan Kangean dijadikan tempat relokasi untuk para pedagang luar Pasar Besuki, lanjut Reda, kondisinya berubah drastis. "Setiap pagi hingga malam disepanjang ruas Jalan Kangean itu tampak selalu ramai pengunjung dan lalu lalang kendaraan," tuturnya.

Lebih jauh, Reda mengatakan, dampak positif dengan difungsikannya Jalan Kangean sebagai tempat relokasi para pedagang, membuat nilai histori kembali hidup. "Meski terjadi pro kontra, tapi bisa berdampak positif pada proses pengembangan disektor pembangunan ekonomi, lingkungan dan sosial masyarakat," ungkap Reda.

Sepanjang ruas jalan Kangean hingga tembus ke daerah Demung itu, memiliki potensi besar. "Besar harapan, Pemkab Situbondo dapat melakukan terobosan untuk menjadikan Besuki bisa lebih tertata dan maju dengan tidak mengabaikan tempat dan bangunan bersejarah," beber Reda.

Camat Besuki, Budi mengaku, sangat mendukung pengembangan kawasan Kota Besuki. "Untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan keterlibatan banyak pihak. Tidak hanya tergantung kepada pihak Pemkab Situbondo saja, tapi juga butuh dukungan dan partisipasi dari masyarakat," pungkasnya. (Edo)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: