Translate

Iklan

Iklan

MK Apresiasi Jember Dirikan Museum Diorama Konstitusi

8/23/17, 21:43 WIB Last Updated 2017-08-26T04:36:52Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Menindaklanjuti memorandum of understanding tentang Pendirian Museum Diorama Konstitusi dan Pancasila, Bupati Jember dr Hj Faida, MMR, Rabu (23/8) temui MK.

Bersama sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD),  Faida bertemu dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) MK DR M Guntur Hamzah di Jakarta. Rombongan Bupati, sempat melihat langsung Museum Konstitusi dan Pancasila di Gedung MK yang terdiri dari 7 zona.

Museum pusat konstitusi di lantai 5 dan 6 gedung MK di Jl Merdeka Barat Nomor 6, Jakarta Pusat merupakan wahana edukasi hukum dan konstitusi dibangun di lahan seluas 1.462,5 meter persegi. Dibagi atas 7 zona berisi dokumentasi secara runtut dinamika perjalanan sejarah konstitusi dari zaman pra-kemerdekaan.

Sekjen MK, sangat mengapresiasi inisiasi pendirian Museum di Jember dengan  Konsep,  sebagai perpaduan  Museum Konstitusi dan Pancasila dengan  Sejarah Seni Budaya Jember. "Kami mengapresiasi ide Bupati Jember,  Bagi  Mahkamah Konstitusi (MK), hal itu sebagai  kehotmatan," tuturnys.

Guntur berharap ke depan museum ini dibangun di berbagai daerah di Indonesia. "Gayung bersambut ada Pemerintah Kabupaten Jember yang pertama memiliki minat tersebut. Ini sebagai peluang dan kesempatan bagi MK  untuk meningkatkan kemampuan budaya sadar dan peduli konstitusi," jlentrehnya.

Bentuk kerjasama MK  dengan Pemkab Jember nantinya berupa kerjasama yang riil. "Kami ke depan akan memberi pendampingan, pengawalan dan supervisi terhadap Pemkab Jember dalam merealisasikan pembangunan  gedung Museum Pusat Konstitusi dan Pancasila tersebt," tegasnya.

Disaksikan Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM RI Prof Widodo Eka Tjahyana, dan DR Bayu Dwi Anggono  Direktur Pusat Kajian Pancasila dan Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Jember. Bupati Jember, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas sambutan MK.

"Kita telah bertemu dengan Pak Sekjen MK. Kita juga ditunjukkan langsung keberadaan museum di gedung MK. Di sana diterangkan secara jelas berbagai zona berisi sejarah runtut konsitusi, diorama, dengan konsep presentasi digital. Ini yang akan coba kita rancang agar bisa dibangun di Jember," Katanya.

Faida juga mencoba sejumlah alat peraga digital, bahkan terlihat berkaca-kaca saat membaca tulisan tangan Presiden Sukarno yang dikirimkan kepada Jenderal Sudirman sebelum meninggalkan Yogyakarta kembali ke Jakarta setelah dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS).  (Eros/hms)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • MK Apresiasi Jember Dirikan Museum Diorama Konstitusi

Terkini

Close x