"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, 17 November 2017

Lestarikan Budaya, Warga Jember Gelar Lomba Tarik Tambang

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Warga Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember bersama Pemerintah Desa sejak bulan Oktober hingga kini  menggelar Perlombaan Tarik Tambang.

Perlombaan adu Kekuatan tersebut di ikuti oleh klub tarik tambang se Kabupaten Jember yang sudah mempunyai nama dan sering menjadi juara, seperti Klub Badak dan Gerpas dari Kecamatan Balung , Klub Putra perkasa dari Kecamatan Bangsalsari dan group Gramokson dari desa setempat.

Tak ayal, meski kondisi hujan setiap sore ratusan warga Tanggul dan luar daerah, memadati arena pertandingan, gempita sorak sorai dan lontaran kalimat dukungan serta support menggema saat kedua Klub berlaga, Ayoo kamu bisa ..ayo kamu bisa..," teriak para penonton

" Kami sangat senang dan bangga bisa menghibur anda ( warga) sekalian, inilah tujuan utama kami...menghibur..menghibur dan menghibur, tak ada tujuan lain, " ujar Siswanto ketua panitia Jum'at (17/11/2017) beberapa menit sebelum dimulai perlombaan.

Menurut Kepala Desa Manggisan Moch.Holili, lomba ini sebagai ajang silatuhrohmi, hiburan dan budaya rakyat sejak dulu  "Tarik tambang adalah hiburan rakyat kuno yang diminati dan disenangi warga, untuk itu keberadaannya perlu dilestarikan,  saya berharap ini bisa berkelanjutan setiap tahun, " ungkapnya.

Disamping tropi, menurut Holili, panitia juga menyediakan hadiah uang dengan total anggaran sebesar 15 Juta rupiah, dengan perhitungan untuk juara satu mendapatkan 7 juta rupiah, juara dua 5 juta rupiah, dan untuk juara yang ke tiga akan mendapatkan 3 juta rupiah. (yond)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: