"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Saturday, 27 October 2018

BI Jember Launching Kartu Pembayaran Elektronik Berlogo GPN

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kabupaten Jember, Sabtu (27/10/2018) meluncurkan kartu permbayaran elektronik  berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Kartu berlogo GPN ini adalah sebuah sistem yang dikembangkan Bank Indonesia. Sistem ini bertujuan menghubungkan beberapa pembayaran elektronik atau transaksi non tunai pada semua instrumen bank dalam satu sistem pembayaran melalui interkoneksi dan interoperabilitas.

Menurut Ketua Badan Musyawarah Perbankan (BMP) yang juga Kepala Bank Indonesia - Jember Hestu Wibowo bahwa dengan GPN ini, bahwa latar belakang GPN ini mempertimbangkan ekosistem perbankkan yang cenderung kompleks dan terfragmentasi.

“Dengan kartu PGN ini kini seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati sebuah pelayanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas, dan efisien, pengembangan GPN ini juga mengusung semangat nasionalisme”, jelasnya.

Mendorong pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan serta daya saing pembayaran ritel Indonesia dan meningkatkan kemandirian sistem pembayaran nasional, khususnya sebagai tulang punggung program kerja pemerintah, seperti bansos non tunai, elektroniksasi jalan tol, transportasi public lainnya.

Disamping itu juga untuk  meningkatkan kedaulatan data dan informasi transaksi sistem pembayaran ritel nasional. “Target tahun 2018 sebesar 30 persen, yang jelas target GPN ini 2022, semua kartu sudah harus berlogo GPN," katanya.

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR mengapresiasi peluncuran kartu PGN ini. “Ini membuktikan dunia perbankkan dan insan perbankkan adalah bagian penting mengawal NKRI.  Karena itu, bupati mengajak insan perbankkan di Jember mengejar target.

Bupati mensuport program BI, untuk itu BI diminta untuk menyiapkan ATM berlogo GPN pada kongres guru ngaji yang akan digelar Pemkab Jember. "Ini adalah solusi inklusi keuangan," katanya saat sambutan peluncuran GPN di Bank Indonesia Perwakilan Jember.

“Jumlah guru ngaji lebih dari 15 ribu, saat kongres, langsung kita ganti ATM-nya dengan kartu yang berlogo GPN, demikian pula dengan kader Posyandu, yang mencapai lebih 13 ribu serta 15 ribu takmir masjid dan lebih 10 ribu ibu hamil. Mereka potensi untuk mencapai target GPN”, harapnya. (eros).

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

No comments: