Translate

Iklan

Iklan

Dana Operasioal Kecamatan Minim. Petugas Kecamatan Sumbersari Jember, Lakukan Pungli

7/25/12, 15:55 WIB Last Updated 2012-08-29T17:34:04Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.COM Sangat disayangkan mentalitas oknum Abdi Negara kita saat ini, kondisi perekonomian masyarakat yang belum stabil karena faktor ekonomi justru malah dimanfaatkan oknum-oknum Pegawai Negeri Sipil untuk menarik pungutan dengan dalih beraneka ragam.



Seperti halnya pungutan yang terjadi di salah satu kantor pemerintah Kecamatan Sumbersari yang terletak dikawasan jantung kota Jember. Beberapa waktu yang lalu, salah seorang warga melaporkan saat mengurus perijinan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).


Setelah berkas IMB ditandandatangani Camat, warga sempat bertanya kepada staf kecamatan, “apa ada biaya mas?” petugas yang biasa menangani IMB Pak Mul tidak di tempat diwakilkan oleh Kasi Trantib Penta Satria, SSTP, MSi dijawab, “ada mas, biayanya luas dikalikan seribu rupiah. Jadi jika luas punya sampean sembilan puluh meter persegi dikali seribu kenanya sembilan puluh ribu rupiah”, kata Penta.

Saat uang diserahkan di ruang pol PP disaksikan juga oleh anggota pol PP dua orang dan juga salah satu Kepala Lingkungan yang mendampingi warga untuk antri e-ktp. Warga sempat meminta kwitansi, “kwitansi/tanda terimanya saya minta mas, kalo gak bisa sekarang besok lusa tau senin” dijawab Penta “ oke mas”.

Sementara itu Camat Sumbersari Pujo Satriyo Wibowo saat diklarifikasi mengenai adanya pungutan di kantornya, menegaskan, “ya begini mas, memang sebenarnya tidak ada pungutan yang ada partisipasi warga dan dimasukkan dalam dana non budgeter yang tidak ada kwitansinya,” ungkap Pujo.

Ditambahkan pula, “dana operasional untuk kecamatan dalam satu tahun anggran minim mas, jadi kita mencari trambahan anggaran lain. Terutama sejak adanya kegiatan e-ktp. Ya untuk biaya operasional sehari-hari petugas e-ktp,” ucap Pujo yang mantan Camat Wuluhan ini.

Di tempat tepisah Ulum dari LSM Government Corruption Watch (GCW) saat dimintai pendapat tentang temuan pungutan yang dilakukan oleh oknum kasi di Kecamatan Sumbersari menyayangkan tindakan  tersebut, “sangat disayangkan Tindakan oknum satu ini mas. dia PNS dan juga pejabat stuktural di Kecamatan. Rakyat membayar beraneka macam pajak untuk menggaji PNS, belum mereka dapat tunjangan dan sebagainya. Mau pakai alasan apalagi, “ kesal Ulum.

Masih menurut alumnus Fakultas Hukum Unej ini, “Alasan Pak Camat untuk Dana Non Budgeter yaa ini kan hanya untuk membela diri saja mas.Yang jelas kita siap mengawal khusus temuan pungutan liar ini. Kita berharap masyarakat mau memberi informasi apabila terjadi pungutan-pungutan yang lain lagi dari pihak Kecamatan Sumbersari dan akan kita tindak lanjuti ke pihak terkait diatasnya,” tegas Ulum menutup pembicaraan. (midd/win)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dana Operasioal Kecamatan Minim. Petugas Kecamatan Sumbersari Jember, Lakukan Pungli

Terkini

Close x