Translate

Iklan

Iklan

Warga Situbondo Resah Kabar Beredarnya Telur Palsu

1/16/18, 18:30 WIB Last Updated 2018-01-16T12:18:09Z
Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Beredarnya kabar beredarnya telur palsu dari negara China masuk di pasaran Indonesia membuat warga dan para pedagang di Kabupaten Situbondo Jawa Timur, resah.

Seorang  warga Mimbaan, Kecamtan, Panji, Supriyanto (35) mengaku resah dengan adanya kabar telur palsu yang berasal dari Tiongkok tersebut. Pedagang telur mengaku sangat resah , karena ia tidak bisa membedakan mana yang asli dan yang palsu.

Bahkan akibat kabar yang santer ini membuat Feri was-was. "Kabar beredarnya telur palsu yang katanya dari China itu membuat saya jadi resah dan khawatir untuk kulakan lebih banyak lagi, kami berharap Dinas terkait, dilingkungan Pemkab Situbondo sergera melakukan cek and ricek di lapangan”, harapnya.

Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Disperindag), Dra Hj Tutik Margiyanti  mengatakan belum ada laporann masuknya telur palsu tersebut, namun pihaknya tidak akan tinggal diam, berdama bagian Perlindungan Konsumen akan  segera melakukan sosialisasi terkait perbedaan telur asli dan palsu.

Menurut Tutik, telur palsu ini pernah ditemukan di Malaysia pada 2011 lalu , hal itu diketahui setelah Departemen Kesehatan Setempat menemukan cangkang telur palsu terbuat dari kalsium karbonat, dan kuning dan putih telur terbuat dari bahan-bahan kimia seperti tawas, asam benzoat, natrium alginat, kalsium klorida, gelatin, dan air.

"Kalau saya amati telur palsu ini  memiliki ciri-ciri cangkang yang kasar dan bulat. Lebih besar ukurannya dari telur asli, dan informasinya Telur palsu ini juga tidak berbau ketika dipecahkan, seperti bau anyir di telur asli Kuning telur di telur palsu lebih kuning dan tak memiliki tanda berupa tali putih, " pungkasnya.

Kabar yang beredar dari beberapa Sumber, Ketika digoyangkan telur palsu memiliki suara seperti air. Hal ini disebabkan karena bahan kimia yang tercampur Bahkan, Telur palsu yang beredar ketika direbus, kuning telurnya malah berubah jadi seperti karet.

Oleh sebab itu , Ia berjanji akan segera melakukan rapat dan sidak untuk mengingatkan agar  masyarakat berhati - hati dan lebih waspada. Namun pihaknya menghimbau masyarakat tidak resah dan panik, karena ini baru tersiar kabar, belum ada laporan pasti tentang  adanya telur palsu .(edo).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Situbondo Resah Kabar Beredarnya Telur Palsu

Terkini

Close x