"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Thursday, 3 May 2018

Mahasiswa Unmuh Jember Gelar Pementasan Budaya Osing

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember Kamis (3/4/2018) malam menggelar pentas seni dan budaya Banyuwangi bertema “Osing Kanggo Nusantara”.

Pementasan tradisi ini selain untuk melestarikan budaya Indonesia, juga merupakan implementasi atau praktik dari mata kuliah Komunikasi Antar Budaya,” Demikian disampaikan Ahmad Fahmi, ketua panitia, Ahmaf Fahmi disela-sela acara  di Aula Ahmad Zainuri Unmu Jember.

Menurut Fahmi, budaya osing dipilih karena tahun sebelumnya para mahasiswa telah mementaskan budaya pandhalungan (pandalungan) yang menjadi simbul budaya Kota Tembakau, yaitu sebuah kebudayaan yang merujuk kepada suatu kawasan di wilayah pantai utara dan bagian timur Jawa Timur.

“Secara budaya, pandalungan adalah masyarakat hibrida, yakni percampuran dua budaya dominan antara Jawa dan Madura. “Banyak orang-orang Banyuwangi yang tinggal di Jember, termasuk mahasiswa. Sehingga budaya Osing sudah tak asing lagi bagi masyarakat di Jember,” ujarnya.

Sejumlah tarian yang ditampilkan Misalnya tari jejer jaran dawuk dan tari punjari. Tarian ini untuk memeriahkan pesta musim panen tiba, meski pada perkembangannya tarian ini lebih ditekankan pada tari penyambutan tamu dengan karakteristik yang dinamis, meriah, dan semarak.

Sedangkan tari punjari diiringi gamelan Bali yang rancak. “Nanti di akhir acara ada pementasan teater yang menampilkan kisah dan unsur-unsur Banyuwangi, osing. Tak hanya itu, untuk mendukung acara ini kami juga melibatkan Sanggar Tari Tata Budaya asal Jember,” jelasnya.

Ketua Sanggar Tari Tata Budaya, Satoha, ikut bangga para mahasiswa ini mau melestarikan budaya lokal, agar generasi milenial ini tak mudah terbius kesenian luar yang dinilainya kurang pas dengan karakter bangsa Indonesia. “Seni tradisional itu juga bisa menjadi alat pemersatu bangsa. ” tuturnya.

Apresiasi juga disampaikan Wakil Rektor Unmu Jember Bahktiyar, SH,  MSI, Menurutnya Pementasan Oseng Kanggo Nusantara ini merupakan nilai kebaktihan Mahasiswa terhadap negara. Untuk itu Mahasiswa harus mampu mempromosikan seni budaya bangsa agar dapat bernilai tinggi.  (ruz).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: