"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Wednesday, 29 August 2018

Peserta Tertua ‘Mbah Tokin’ Kembali Daftar Peserta Gerak Jalan Tanggul - Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ratusan pemdaftar dihari pertama dibukanya pendaftaran Gerak Jalan Tanggul-Jember Tradisional (Tajemtra) yang akan digelar Sabtu 8 September 2018, tampak antusias.

Tak hanya para remaja dan orang dewasa saja yang tampak mendaftar sebagai peserta gerak jalan yang digelar sejak tahun 1977 ini, anak-anak dan orang tuapun saakan tidak mau ketinggalan mengikuti gerak jalan yang menempuh jarak sepanjang 35 Km ini.

Seperti, Mbah Tokin, misalnya, kakek berumur 106 tahun mengaku siap  mengikuti  Tajemtra 2018. Peserta tertua Tajemtra 2017, tampak bersemangat dan siap mengikuti kegiatan peringatan HUT RI ke 73 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember ini.

Bahkan dirinya menyampaikan  bahwa akan berjalan mulai dari Setart Lapangan Kecamatan Tanggul  hingga finis Alun-alun kota Jember. “Saya masih sehat kok, siap berjalan dari Tangguk ke Jember”, katanya sambil menunjukkan  menunjukan surat Kesehatan dari Pukesmas Kalisat.

Warga dusun  Karangpring, RT 03, RW 01, Desa Sumberjeruk ini, tak ingat lagi sudah yang ke brapa kalinya mengikuti Tajemtra ini, yang diingat sejak Gerak Jalan Kencong-Jember (Kejem) dirinya sudah ikut dan jika masih diberi kesehatan, sampai kapanpun dirinya akan terus mengikuti gerak jalan.

"Sampai kapanpun diadakan gerak jalan tajem Tanggul-Jember, saya ingin mengikuti selama masih diberi kesehatan, selain itu juga untuk memberikan contoh bagi para kaula muda jaman sekarang untuk mengingat perjuangan para pahlawan pendahulu kita."ujar Mabah Tokin yang mengaku lahir tahun 1912 ini

Berdasarkan data yang diperoleh dari panitia pada hari ini per jam 14.00 wib , pendaftar di gedung eks BHS , untuk perorangan  sebantak 111 orang , peserta  beregu umum putra putri 36 pendafrar, sementara untuk  pendaftar peserta beregu pelajar  masih belum ada. 

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Jember Dedi M Nurahmadi, SP. Msi. mengatakan, ada beberapa perbedaan penyelenggaraan dari tahun lalu. Perbedaan itu diantaranya soal hadiah. Sekarang tidak ada lagi mobil sebagai hadiah. “Kita belikan sepeda motor sebanyak sepuluh,” tuturnya.

Dengan banyak motor diharapkan lebih banyak peserta mendapat hadiah, termasuk hadiah pembinaan sebesar Rp. 80 juta. Tempat pendaftaran di 7 kecamatan yakni Rambipuji, Tanggul, Bangsalsari, Balung, Ambulu, Kalisat, dan Mayang.dan dua kantor, Kantor Dispora di JSG dan di eks gedung BHS.

Untuk pendaftaran, gratis karena telah dibiayai oleh APBD Jember, namun peserta diminta ikut asuransi yang besarnya Rp. 5.000. “Dua proteksi bagi para peserta, Kalau tahun lalu proteksi kecelakaan saja, tahun ini proteksi kecelakaan dan kematian,” ujarnya usai rapat persiapan di aula bawah Pemkab Jember.

Hal lain yang berbeda adalah harus menyertakan syarat surat keterangan sehat dari Puskesmas atau Rumah sakit terdekat.  Meski pendaftaran tidak dipungut biaya sama sekali atau Gratis, bagi pendaftar pertama kita sediakan kaos sebanyak 2.500 yang disediakan panitia,” jelasnya.

Pengamanan Tajemtra 2018 ini juga melibatkan lebih banyak personel keamanan. Total lebih dari 300 personel yang berasal dari Secaba, Yonif 515, Yonif 509, Brigif, Kodim, Armed, dan kepolisian. Itu ditambah Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Kami berharap, karena momen ini gratis bisa mengurangi angka pemggembira. “Gratis dan kita sediakan hadiah cukup banyak dari tahun. Ini kami harapkan mengurangi penggembira yang tahun lalu cukup banyak, sekitar 100 sampai 200 ribu orang,” harapnya. (eros/edw).

Berita Terkait Olahraga

No comments: