"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Wednesday, 26 September 2018

Grebeg Suro Lintas Agama di Jember Menmpilkan Budaya Lokal

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk mensyukuri keberhasilan pembangunan, masyarakat lintas Agama di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Rabu (26/9/2018), menggelar Gerebek Suro.

Kegiatan yang melibatkan semua unsur agama ini  menampilkan budaya serta hasil bumi setempat ini untuk mensyukuri keberhasilan pembangunan di Kecamatan Umbulsari. “Masyarakat merasa memiliki pembangunan dan mensyukuri hasil yang telah dinikmati,” terang Camat Umbulsari Firaz Chalid. 

Sebanya  20 parade, masing-masing berjumlah 100 sampai 200 ikut meramaikan kegiatan ini yaitu, Islam, Kristen, Budha, Hindu, dan aliran kepercayaan saptho dharmo. “Yang kita utamakan kebersamaan, kepentingan umat beragama, agar hidup ini aman, damai, dan tenteram,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kapolsek Umbulsari AKP  Sunarto, kerukunan beragama di Umbulsari bisa menjadi contoh daerah lain. " Kerukunan beragama disini (Sukoreno) memang luar biasa dan ini sudah berjalan puluhan tahun," ungkapnya. 

Untuk menjaga keamanan acara ini Polisi menyiapkan sekitar 20 personil dari kepolisian, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP). "Masing-masing dari  kepolisian, Koramil 0824 Umbulsari yang mengatur lalu lintas untuk mengamankan jalan Grebek suro." Ungkap Mantan Densus 88 ini. (yond).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: