"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Tuesday, 18 December 2018

Dispemasdes Jember Monev 54 BUMDes Penerima Bantuan Kemendes

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemkab Jember melalui Dispemasdes Selasa (18/12/18 ) siang melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di 54 desa penerima bantuan BUMDes dari Kemendes.

Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispemasdes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember Ir Eko Heru Sunarso, MM, menyampaikan bahwa besaran bantuan penyertaan modal dari Kementerian Desa  (Kemendes) masing-masing  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebesar Rp 50 juta

Selain penyertaan modal, Kemendes juga memberikan bantuan khusus bagi BUMDes yang berkembang. “Iya mas bantuan Rp 50 juta ini ditujukan bagi BUMDes yang mulai berkembang, dengan bantuan tersebut  diharapkan kegiatan BUMDes  yang ada bisa  berjalan lebih maju  dan maksimal," katanya.

BUMDes tersebut telah dilengkapi dengan SK pendirian, AD/RT dan Perdes," Anggaran akan diberikan oleh pemerintah pusat melalui DPMD terhadap desa yang kegiatan dan persyaratan yang lain seperti AD/Art nya sudah ada dan sudah diperdeskan," jelasnya Heru ditemani Camat Rambipuji beserta stafnya.

Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji, adalah salah-satu contoh desa yang telah merealisasikan bantuan tersebut dengan membelanjakan anggaran untuk pembelian mesin Fotocopy serta perlengkapan lain. "Saya sangat apresiasi, sebab bantuan langsung dibelanjakan sesuai dengan rencana anggaran”. Lanjutnya.

Hal Itu salah satu wujud dari kekompakan antara pemerintah desa dengan para pengurus BUMDes yang kompak dalam melakukan sebuah pembangunan maupun pemberdayaan yang berada di desa khususnya BUMDes ini," jelas Heru sambil melihat mesin Fotocopy dan lainnya.

"Senada dengan apa yang dikatakan oleh Kepala desa Rowotamtu bahwasannya dirinya sangat senang sekali mendapatkan bantuan langsung dari pusat untuk mengembangkan BUMDes yang berada di desa yang dipimpinnya selama dua periode tersebut," kata mandate Kepala Dinsos Jember ini.

Mudah-mudahan bantuan tersebut selain dari DD pemerintah desa bersama pengurus BUMDes dapat membesarkan kegiatan tersebut agar pendapatan desa semakin bertambah dan berkembang serta dapat dirasakan betul oleh masyarakat adanya. (mam/eros).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: