Translate

Iklan

Iklan

Ratusan Santri Jember Ikuti Pra Munaqosah Al Qur'an

2/05/19, 23:00 WIB Last Updated 2019-02-07T16:29:08Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Menghadiapi Ujian Al Qur’an, Persatuan guru Taman Pendidikan Qur'an (PG - TPQ) Al-Bayan Rambipuji, Kabupaten Jember, Selasa (5/2/2019) pagi menggelar Pra Munaqosah.

Acara Ujian Al Qur'an (Munaqosah) yang diselenggarakan di dusun Gebang Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji tersebut diikuti sebanyak 185 Santri dari 13 Taman Pendidikan Qur'an se Kecamatan Rambipuji

Ketua PG-TPQ, Ustad Amin Thohari mengatakan pra munaqosah ini merupakan titik permulaan ujian pertengahan sebelum Munaqosah  santri TPQ untuk menentukan lulus atau tidaknya.

“Jika nanti setelah mengikuti pra munaqosah dinyatakan lulus oleh penguji, maka santri tersebut sudah bisa melanjutkan ujian akhir dan mendapatkan sertifikat kelulusan." Ujar Amin.

Amin menjelaskan, pelaksanaan pra  munaqosah bertujuan sebagai evaluasi kurikulum pelajaran yang diprogramkan oleh Lembaga pendidikan Ma,Arif NU dengan metode Allimna dalam mendidik generasi muda yang beriman.

“Sekaligus untuk melihat sejauh mana keberhasilan pencapaian kurikulum yang ada, serta melihat seperti apa para santri mampu mengerjakan sholat dengan benar, membaca Al Qur’an dan menghapal surat-surat pendek sampai pada do’a sehari-hari,” jelasnya.

Pelaksanaan kegiatan pra munaqosah sambung Amin, merupakan suatu upaya dalam rangka memperoleh data tentang perkembangan, perubahan-perubahan dan kemajuan santri.

Amin menerangkan, Pra Munaqosah juga sebagai proses pembelajaran santri guna mencapai visi lembaga TPQ dalam membentuk generasi Qur’ani, cerdas, berprestasi dan berkarakter Islami

“ Hasil penilaian dan kategori lulus dan tidaknya santri akan diumumkan beberapa hari kedepannya setelah pelaksanaan pra munaqosah dan para santri yang dinyatakan lulus Insya Allah akan diwisudakan pada tahun 2019 ini” ujarnya. (Yond).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ratusan Santri Jember Ikuti Pra Munaqosah Al Qur'an

Terkini

Close x