"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Saturday, 6 April 2019

Inilah Program Pemkab Jember Untuk para Lansia

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sekitar 1.200 jamaah muslimat yang berasal dari Kecamatan Silo Sabtu (6/4/2019) mengikuti acara bersholawat yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember.

“Saya lihat jamaah disini banyak yang lansia, banyak lansia yang berusia diatas 60 tahun, tapi masih semangat untuk ikut sholawatan ke pendopo,” Demikian disampaikan Bupati Faida dalam acara Jember Bersholawat di Pendapa Wahyawibawagraha.

Bupati berpesan, jika ada lansia dhuafa yang sewaktu muda sehat dan berjuang untuk keluarga, jangan sampai di usia senjanya tersia-sia karena tidak kuat kerja. “Untuk muslimat ini, jika ada anggotanya atau tetangganya lansia dan tidak kuat bekerja agar didaftarkan supaya mendapat bantuan pemerintah,” ujarnya.

Jika muslimat menemukan lansia dhuafa dan tidak kuat kerja, maka data lansia dapat dikumpulkan kepada ketua Muslimat untuk mendapatkan bantuan program pemerintah. Bantuan dari pemerintah itu berupa asuransi kesehatan dari BPJS Kesehatan serta bantuan katering makan.

Program katering makan sehari tiga kali dikirim ke rumah masing-masing lansia. Mereka mendapatkannya secara gratis dari Pemerintah Kabupaten Jember. “Kita mau membantu para dhuafa yang sudah tidak kuat kerja, harus punya jaminan kesehatan,” ungkapnya.

Sehingga, sewaktu-waktu diperlukan, asuransi kesehatan ini dapat digunakan untuk pembiayaan. Lansia juga bisa mendapat 10 kg beras tanpa ditebus dari Pemerintah Kabupaten Jember. Syaratnya, lansia itu belum pernah menerima bantuan beras dari pemerintah pusat dan masih mampu untuk memasak.

Untuk mendapatkan program tersebut, lansia bisa mengumpulkan fotokopi KTP. Jika tidak punya KTP, maka perlu didaftarkan terlebih dulu. “Jika perlu, petugas Dispenduk yang ke rumah lansia,” tegas istri drg Abdul Rochim ini. Untuk itu Bupati meminta untuk mengecek anggotanya, apa saja yang diperlukan. Ketua boleh mengajukan kepada pemerintah.. (eros).

Berita Terkait Pemerintahan

No comments: