"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Friday, 20 September 2019

Pilkades di Jember, Petahana Tumbang di Tangan Istri

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap III di Jember selesai Kamis malam (19/9/2019). Hasilnya tidak sedikit Calon Kepala Desa (Cakades) petahana berguguran di Pesta Demokrasi tingkat Desa ini. 

Pilkades di wilayah Kecamatan Kencong, ada empat Desa yang menggelar Pilkades serentak tahap III, diantaranya Desa Kraton, Cakru, Wonorejo dan Desa Kencong. Yang menarik, dua Cakades petahana tumbang oleh rival yang notabene adalah orang dekatnya sendiri. 

Informasi yang dihimpun MAJALAH-GEMPUR.Com, Desa Cakru, Cakades petahana Bambang Iswoto harus mengakui keunggulan istrinya sendiri Heni Indariyani dalam pertarungan One by One. Heni Indariyani secara mengejutkan mendapatkan 3230 suara, sedangkan Bambang Iswoto meraup angka 3125 suara.

Heni Indariyani otomatis menyingkirkan petahana Bambang Iswoto dengan selisih tipis 105 suara. Atas kemenangan Heni Indariyani ini. Bu Heni, panggilan akrabnya, terpilih sebagai Kepala Desa Cakru menggantikan suami tercintanya.

Arik Wahyudi Cakades petahana, terpaksa harus mengubur impiannya dalam-dalam untuk kembali memimpin Desa Wonorejo kali yang kedua. Arik Wahyudi harus merelakan kursi Kepala Desa Wonorejo di rebut oleh Samian, anak buahnya sendiri yang sebelumnya menjabat Perangkat Desa Wonorejo.

Samian unggul telak atas Arik Wahyudi yang hanya berada di urutan ketiga dengan selisih angka 2087 suara. Ada empat Cakades di Desa Wonorejo, Samian meraup suara terbanyak dengan 3591 suara, disusul Sucipto di peringkat kedua dengan 2582 suara, Arik Wahyudi memperoleh 1504 suara, paling buncit dipegang Ahmad Suwari mendapatkan 357 suara. 

Sebaliknya, dua Cakades petahana kembali berjaya, tidak rela bila kursi empuknya direbut oleh rival-rivalnya pada Pilkades tahap III di Wilayah Kecamatan Kencong. Sang petahana Sukardji, tampil kembali mencalonkan diri sebagai Cakades Desa Kraton menghadapi tiga penantangnya.

Sukardji sukses untuk kali kedua dan menjadi pemenang usai menghempaskan tiga Cakades lainya, unggul tipis 136 suara atas Edi Winoto yang berada di peringkat kedua. Selengkapnya hasil akhir Pilkades Desa Cakru sebagai berikut, Cakades Sukardji memperoleh 1933 suara, peringkat kedua Edi Winoto 1797 suara, Zaenal 1780 suara dan peringkat ketiga Winarso mengantongi 500 suara, berada di peringkat paling bawah.

Sementara Pilkades Desa Kencong, Ahmadi kembali memimpin Desa Kencong usai meluluh-lantakkan lawannya Samsul Arifin dengan selisih angka yang signifikan yakni 6271 suara. Pilkades Desa Kencong dengan jumlah DPT 19 ribu lebih, Ahmadi mendapatkan 8223 suara sedangkan rivalnya Samsul Arifin hanya mendapatkan 1952 suara.

Hasil tersebut menjadikan Ahmadi sebagai Cakades yang diusulkan oleh panitia kepada Bupati untuk dilantik menjadi Kepala Desa Kencong enam tahun ke depan. Camat Kencong Susmiadi, terkait pelaksanaan Pilkades tahap III, dirinya bersyukur sebab Pilkades di Kabupaten Jember khususnya kecamatan kencong berjalan aman dan sukses.

"Semoga Kepala Desa yang jadi ini walaupun incumben, harapan saya ada perubahan yang signifikan, supaya masyarakat puas. Karena masyarakat mengharap seorang pimpinan yang mau mengayomi dan bisa membawa masyarakatnya menuju kemakmuran yang ada di Desa nya masing-masing," tutur Susmiadi. (*).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: