"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Wednesday, 20 November 2019

Sambil Belajar HAM di Jember, Peserta Asal Serdang Bedagai Kenalkan Potensi Daerahnya

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Salah-satu delegasi asal Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatra Utara mengapresiasi pelaksanaan Festival Hak Azazi Manusia (HAM) 2019 di Jember, Jatim.

Mereka senang bisa berpartisipasi di acara yang digelar selama tiga hari, sejak Selasa hingga Kamis (19 – 21/11/2019). Palsanya disamping sambutan dan layanannya baik, masyarakatnya juga ramah, sehingga tidak heran mereka mengaku betah berada di kota Carnaval Dunia ini.

Festival HAM ini jelas dipersiapkan secara matang. Dirinya merasa beruntung dapat berpartisipasi pada event ini, baginya Jember tepat menyandang kabupaten ramah HAM. Demikian disampaikan perwakilan Serdang Bedagai, Sumatera Utara A.Saragih, kepada media ini, Rabu (20/2019).

“Kami merasa senang berada disini, pelayanannya baik, orangnya juga ramah. Ini kabupaten yang menyenangkan. acaranya juga bagus, lebih-lebih dalam pelaksanaan festival HAM ini juga melibatkan anak-anak dan masyarakat,” Kata pria yang menempati di Bagian Hukum ini.

Di kota Jember juga diberikan fasilitas penyandang disabilitas, anak-anak, pengembangan karakter, para pedagang juga terakomodasi. Pemkab Jember juga punya banyak peraturan daerah berbasis HAM. Untuk itu dirinya ingin tinggal berlama-lama untuk mempelajari HAM di Jember.

Disamping ingin berlajar HAM, kedatangannya di kota Suwar-suwir ini juga dalam rangka untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi Pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) , guna mendorong perekonomian masyarakat setempat.

“Jadi kedatangan kami, disamping untuk belajar HAM, juga sedikit menginformasikan keberadaan Serdang Bedagai, sekaligus mempromosikan tempat wisata, termasuk produk UMKM, makanya kami membuka stand disini, dan membagikan brosur kepada pengunjung,” tuturnya.

Wisata andalan yang dikenalkan adalah Arung Jeram Ancol, Pemandian Batu Nongol, Pulau Berhala, Desa Wisata Tani Melati II, wisata Heritage, Untuk Wisata Pantai yaitu Mutiara 88, Woong Rame, Bali Lestari, Pondok Permai, Sri Mersing, Cermin Yheme Park, Cemara Kembar, Sialang Buah, Romantis dan Wisata Mangrove. Disamping itu mereka juga mengenalkan sejumlah produk UKM.

Wilayah Serdang Bedagai di bawah kepemimpinan Bupati Ir. H.Soekirman dan Wakil Bupati H. Darma Wijaya, terdapat 17 Kecamatan, 237 desa dan 6 Kelurahan, berbagai suku Batak, Melayu, Banjar, Aceh dan suku Jawa, dengan jumlah penduduk kurang lebih 6.000 jiwa.

Event Festival HAM  merupakan kerjasama antara Komisi Nasional HAM, International NGO Forum on Indonesian Development (Infid) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Jember, juga beberapa organisasi pendukung lainnya.

Kegiatan ini menyediakan ruang bagi pemangku kepentingan berbagai pengalaman, penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan HAM di tingkat lokal, juga dilatarbelakangi adanya Pemda yang selama 10 tahun terakhir jadi institusi paling banyak diadukan terkait dugaan pelanggaran HAM.

Festival HAM ini memiliki cita-cita nasional agar 500 kabupaten/kota di Indonesia dapat mengadopsi kerangka kerangka kabupaten/kota HAM. Festival HAM tahun 2019 diikuti oleh peserta dari 33 kabupaten dan kota di Indonesia, juga ada peserta dari 12 negara. (wht).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: