"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Wednesday, 22 January 2020

IKIP PGRI Jember Selenggarakan Program Campus Go To Islamic Boarding School


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com -
Menjelang penerimaan mahasiswa baru yang diketahui dimulai bulan Maret sampai bulan Agustus ini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI ) Jember, Rabu 22 Januari 2020) pagi, melakukan program Campus Go To Islamic Boarding School.

Sasaran dari program Campus Go To Islamic Boarding School ini adalah ke Pondok - Pondok Pesantren (Ponpes) modern yang di situ ada pendidikannya atau sekolah Aliyah. Tujuannya adalah untuk memperluas jaringan dalam penerimaan mahasiswa baru, artinya
IKIP PGRI Jember menginginkan sebuah hubungan dengan Ponpes.

"Seperti hari ini, kita bersilatuhrohmi dan sekaligus mengadakan MOU kerjasama dengan Ponpes Tanjung Rejo - Situbondo dan Ponpes Mabadius Sholeh Mlandingan - Situbodo." Ujar Kabag Kerjasama Nasional dan Internasional IKIP PGRI Jember, A. Zaki Emyus., M.Pd, beberapa saat usai lawatannya ke Ponpes.

Kabag yang akrab di sapa Zaki itu menerangkan, karena di Ponpes sudah sangat lengkap, salah satunya adanya bidang pengabdian masyarakat, ada pendidikan dan juga ada penelitian, artinya sudah ada Tri Darma perguruan tinggi di situ, diantaranya pendidikan, penelitian dan pengabdian.

"Harapannya, ke depan IKIP PGRI Jember akan lebih baik lagi membangun hubungan - hubungan dengan pondok pesantren," paparnya. Selain itu, kata pria kelahiran Situbondo ini, IKIP PGRI Jember juga berkeinginan memberikan warna dan ruang, kepada para santri Ponpes, untuk menempuh pendidikan Perguruan Tinggi (PT), sehingga paling tidak, bisa melahirkan atau menghasilkan guru - guru yang berkompenten.

"Tentunya yang berasal dari IKIP PGRI Jember, sehingga dengan begitu ada hubungan simbiosis mutualisme antara pondok pesantren dengan IKIP PGRI Jember," katanya

Kepala UPM (unit penerimaan mahasiswa baru) IKIP PGRI Jember Drs.Gunawan, M.Pd, berharap, dengan kerjasama yang baik bersama pondok pesantren, maka akan memiliki fondasi yang kuat, dalam rangka untuk membentuk dan melahirkan calon - calon pendidik yang mendukung terhadap karakter pembangunan bangsa Indonesia.

"Kita tahu, bahwa saat ini ada indikasi kemerosotan moral, yang ditimbulkan dari berbagai macam pengaruh yang ada di Masyarakat, oleh sebab itu IKIP PGRI Jember, berkomitmen bahwa itu harus disikapi secara lebih bijak dan IKIP selalu menjaga kualitas sebagai lembaga yang mencetak pendidik-pendidik yang berkarakter," ungkapnya

Sementara itu, ketua yayasan pondok pesantren Tanjung Rejo Jumarto, M.Pd.I. menilai program Campus Go To Islamic Boarding School sangat baik dan sangat mendukung, sebab dengan ada program tersebut, lulusan Madrasah Aliyah bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yakni ke perguruan tinggi.

"Sehingga dapat menghasilkan SDM di pondok pesantren dan nantinya kami akan mensosialisasikan program ini, ke pondok pesantren yang ada Kabupaten Situbondo," tandasnya  (RF/Eros/Yud)

Berita Terkait Pendidikan

No comments: