"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Wednesday, 25 March 2020

Antisipasi Corona, Dandim 0824 Cek Kesiapsiagan PT KAI Daop 9 Jember


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com - Semakin mewabahnya virus corona membuat sebagia masyarakat khawatir, terutama ketika berada di fasilitas publik. Oleh karenanya, Kodim 0824 Jember terus berupaya melakukan pencegahan dengan mengecek PT KAI Daerah Operasi 9 Jember.

Seperti yang terlihat pada Selasa (24/3/2020), Komandan Kodim (Dandim) 0824 Jember Letkol Inf La Ode M.Nurdin bersama manajemen PT KAI yakni manajer keamanan Ainur Rofik dan petugas PT KAI Jember melaksanakan kegiatan pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap penumpang KAI saat melakukan proses boarding atau pengecekan tiket dan kartu identitas.

Sebagai, langkah preventif PT KAI Daop 9 Jember memberlakukan jarak tempat duduk diruang tunggu para penumpang dengan menandai dengan tanda silang berwarna merah bahkan larangan naik kereta api (KA) bagi calon penumpang yang teridetifikasi
suspectvirus COVID - 19.

"Hari ini saya melakukan pengecekan langsung di lapangan bagaimana bentuk kesiapsiagaan dari PT KAI Daop IX Jember melihat langkah-langkah prosedural dalam upaya pencegahan dan penyebaran COVID-19 19," kata Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol inf La Ode M Nurdin.

Dandim menambahkan, kesadaran penumpang juga sangat diperlukan bagaimana mereka dengan tulus dan ikhlas melaksanakan itu dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang diberlakukan pihak PT KAI, penumpang juga harus memastikan social distance atau batasan interaksi sosial yang harus diikuti dengan baik.

Maneger Pengamanan PT KAI Daop IX Jember, Ainur Rofiq mengatakan, sebelum masuk kereta api calon penumpang diperiksa terlebih dahulu suhu tubuhnya. Karena penumpang harus memiliki daya tahan tubuh yang bagus dan menjaga kesehatan yang baik. Bahkan jika suhu badannya diatas 38°C, pihak PT KAI memberlakukan pengembalian bea pemesanan tiket 100 persen.

"Kesiapsiagaan dalam menangkal virus Corona di stasiun Jember PT KAI awal mulai masuk penumpang kita sediakan tempat untuk cuci tangan di samping itu sebelum masuk untuk batas antrian penumpang kita kasih jarak minimal 1 meter, termasuk kursi ruang tunggu kita batasi kita kasih tanda silang," jelasnya.

Sedangkan untuk di dalam kereta sendiri Memang penjualan tempat duduknya juga diatur sehingga antar penumpangnya satu dengan yang lain tidak saling berdekatan, untuk kereta api lokal ini penumpang dibatasi 75%, tapi untuk jarak jauh memang dengan kondisi seperti ini terjadi penurunan.

Selain itu PT KAI Daop 9 Jember juga menyediakan ruang khusus (Isolasi) diperuntukkan bagi penumpang kelelahan yang perlu pemeriksaan lebih lanjut dan menyediakan beberapa titik Antiseptik agar mudah bagi penumpang bebas menggunakan cuci tangan. (edy)

Berita Terkait Kesehatan

No comments: