"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Monday, 8 June 2020

Kadispendik Jember Dorong Orang Tua Daftarkan Sekolah Anaknya Secara Daring

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Memasuki Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jember 2020/2021 pada masa pandemi Covid-19, orang tua diharap memanfaatkan fasilitas daring otau online untuk mendaftarkan sekolah putra-putrinya.

PPDB Tahun ini mengacu Permendikbud No. 44 tahun 2020. Dengan menggunakan jalur zonasi, prestasi,  afirmasi, perpindahan tugas orang tua dan difabel,” Jelas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, Dr. H. Edy Budi Susilo, M.Si, bahwa, Senin (8/6/2020).

Menurutnya pendaftaran masih dapat dilakukan dengan datang ke sekolah yang dituju. Jadwal pendaftaran untuk TK/ SD/SMP Negeri pada 9 – 11 Juni 2020 untuk jalur prestasi, afirmasi, difabel, dan perpindahan tugas orang tua. Untuk zonasi pada tanggal 17 – 20 Juni 2020.

“Anak-anak yang memiliki prestasi, dibuktikan dengan piagam atau sertifikat, bisa masuk jalur prestasi. Bisa melalui jalur afirmasi, yaitu bagi para orang tua atau wali yang memiliki kartu PKH, KKS, dan anaknya mendapatkan KIP”, jelasnya.

Sementara untuk Jalur perpindahan orang tua dibuka agar memudahkan bagi anak-anak yang mengikuti orang tua pindah tempat kerja. “Pendaftaran sama seperti tahun sebelumnya, dapat melalui online dan datang langsung ke sekolah,” jelasnya.

Lebih lanjut Kadispendik menjelaskan bahwa, total lulusan SD/MI negeri dan swasta sejumlah 38.287. Untuk daya tampung SMP negeri sebanyak 15.424 siswa, terdiri dari 482 kelas dengan pagu tiap rombel sebanyak 32 siswa di 94 SMP negeri.

Untuk SD negeri, daya tampung mencapai 31.836 siswa, yang terdiri dari 1.136 rombel dengan pagu 28 siswa di 908 lembaga SD negeri. Untuk TK Negeri, daya tampung 266 siswa di 6 lembaga TK negeri, yaitu di Kecamatan Ambulu, Jengawah, Kalisat, Kaliwates, Kencong, dan Panti.

Untuk itu Kadispendik mengimbau kepada orang tua untuk memanfaatkan proses pendaftaran dengan sebaik-baiknya, dengan memerhatikan SOP yang diumumkan dan dengan bijak mendaftarkan putra putrinya sesuai dengan kemampuan. (eros).

Berita Terkait Pemerintahan ,Pendidikan

No comments: