Translate

Iklan

Iklan

Sebamyak 24,5 Ribu Buruh Tani Terdampak Covid-19 di Jember Terima Bantuan Sembako

6/08/20, 16:41 WIB Last Updated 2020-06-10T11:04:16Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sebanyak  24.513 buruh tani  terdampak Covid-19 terima bantuan dari Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Jember, berupa Sembako beras 5 kg, gula 1 Kg, minyak 2 liter, dan uang Rp. 100 ribu.

Penyaluran ini harus menghindari pengumpulan massa. “Karena itu, pembagiannya diupayakan ke rumah-rumah warga. Baik secara langsung maupun melalui kelompok tani,” Kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jember, Gatot Triyono, Senin, (08/6/2020).

Bantuan dari Belanja Tidak Terduga (BTT)  APBD 2020 dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan, didistribusikan ke satgas kecamatan dan Tiga Pilar di desa. “Kami berharap bantuan itu benar-benar meringankan beban warga”, katanya.

Menurut, pendamping lapangan Kecamatan Sukorambi, Ani Samsuriyah, ada 275 buruh tani yang dapat bantuan. Desa Jubung 40 orang, Desa Dukuh Mencek ada 3 orang dan di Desa Sukorambi; 232 orang.“Bantuan ini dibagikan petugas lapangan dari kecamatan hingga Desa,” ujarnya.

ketua kelompok tani Heru Sumekto mengaku senang mendapatkan bantuan. Menurutnya bantuan khusus untuk petani yang belum menerima bantuan itu sangat membantu. “Alhamdulillah, bantuan ini bisa mengurangi beban petani,” katanya.

Untuk bantuan di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, pendistribusian bantuan itu juga didampingi kepala desanya, Riyono Hadi.  Ada 165 paket yang disalurkan kepada sembilan kelompok tani. “Kami akan mengevaluasi semua bantuan dari pemerintah yang terkait dengan Covid- 19 ini,” ujarnya.

Salah satu anggota Satgas Desa Sumberrejo, Enik  Setiyana, mengaku termotivasi menjadi satgas karena banyak mendapat keluhan warga.  “Orang-orang kelas menengah ke bawah itu memang sangat perlu untuk dibantu. Apalagi saat pandemi Covid -19 seperti saat ini,” katanya.

Para penerima bantuan mengaku senang mendapat bantuan, menurut Siti Holifah, warga Dusun Krajan, Desa Balung Lor, Balung, menyampaikan terima kasih atas bantuanya. Hal sama disampaikan Bu Lukman, petani di Dusun Krajan Tengah, Desa Gumelar, Balung..

Berdasar Data Dinas Pertanian, bantuan di Puger terdapat 3.124 buruh tani penerima bantuan. Disusul Kecamatan Gumukmas dan Kalisat masing-masing 2.228 dan 2005. Sementara di Kecamatan Jenggawah dan Ledokombo ada 1.881 dan 1.877 buruh tani penerima bantuan.

Penerima di atas 1.000 yakni Sumberjambe 1.493, Sukowono 1.261 dan Umbulsari 1.019. Di Kecamatan Kecamatan Balung sebanyak 5 orang, dan Pakusari sebanyak 7 orang. Untuk Rambipuji tercatat 2 buruh tani. Jumlah ini paling sedikit. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sebamyak 24,5 Ribu Buruh Tani Terdampak Covid-19 di Jember Terima Bantuan Sembako

Terkini

Close x