"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Thursday, 21 January 2021

Komisi A DPRD Jember Ingatkan Pj Untuk Netral di Pilkades Serentak

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember ingatkan Pejabat (Pj) Kades untuk netral, tidak mendukung salah-satu calon dalam Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021.

Ketika Panitia terentuk, Badan Perwakilan Desa (BPD) dan Pj harus mengontrol tim yang telah dibuat. “Agar nilai demokrasi dapat tertanamkan di masyarakat desa," Jelas Ketua Komisi A DPRD Tabroni usai RAP bersama Pj Kades dan Sekdes tiga kecamatan, Kamis (21/1/2021).

Adapun PJ Kades dan Sekdes dari tiga kecamatan yang mengikuti RAP yakni dari Desa Ampel, Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan dan untuk kecamatan Silo antara lain Desa Sidomulyo, Desa Semberjati, Desa Garahan sedangkan dari Kecamatan Ambulu yakni Desa Ambulu

Menurut Politikus asal Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini, Pilkades tahun ini akan berbeda dengan sebelumnya. "Hal  itu sesuai Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri), mengingat tahun ini masih masa pandemi Covid-19," tuturnya

Agar Pilkades dapat berjalan dengan aman dan lancar, selain untuk pemenuhan kebutuhan Prokes, biaya pelaksanaan  bisa diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)  dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)  ," Tandasnya.

Menurutnya hingga Januari 2021 ini ada 59 dari 226 Desa (Pemdes) yang masa jabatan Kepala Desa (Kades) nya habis dan sudah diisi Pj Kades, pada tahun ini  rencananya digelar Pilkades secara  serentak. “Untuk waktunya akan ditetapkan usai pelantikan  Bupati baru,” jelasnya.  (Naw).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: