"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Monday, 18 January 2021

Mensos Kunjungi Korban Banjir di Jember


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Tri Risma Harini Senin (18/1/2020) kunjungi korban banjir yang berada di Kabupaten Jember.

Risma mengatakan, dari setiap lokasi banjir yang telah dikunjungi rata-rata banjir itu diakibatkan adanya kerusakan hutan di area hulu, sehingga bagian hilir terimbas. 

"Karena air tidak bisa cepat meresap sehingga mengakibatkan  banjir dibagian bawah." Ungkap Risma, didampingi Bupati Jember dr Faida usai meninjau korban dilokasi terdampak banjir di Ponpes Ar-Rosyid Desa/Kecamatan Bangsalsari.

Untuk mengatasi hal itu kata Risma, perlu dilakukan reboisasi, sementara jika dalam penangan jangka pendeknya, bisa dibangun waduk penampung air.

Mantan Wali Kota Surabaya ini juga menjelaskan bahwa sebenarnya bencana alam seperti ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga terjadi di negara lain. "Seperti di Filipina dan Amerika beberapa hari yang lalu terjadi badai," Imbuhnya.

Namun untuk di Indonesia, Risma menduga bahwa bencana banjir yang melanda negeri ini setiap tahun, lantaran wilayah nusantara ini di apit oleh lempeng tektonik.

"MulaiAceh sampai di selatan pulau Sumatera hingga ke arah timur indonesia, jadinya hal tersebut membuat indonesia rawan bencana," lanjutnya 

Oleh karena itu, Risma berpesan bahwa yang terpenting adalah kesadaran masyarakat untuk menjaga ekosistem, seperti tidak buang sampah sembarangan, hal tersebutlah cara paling ampuh untuk mengurangi adanya banjir.

"Memang berat untuk mengedukasi mayarakat untuk berteman dengan alam, tapi itulah yang dapat kita lakukan untuk selalu berkompromi dengan lingkungan, agar keseimbangan ekosistem terjaga dengan baik," Tandasnya. (Naw)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: