Translate

Iklan

Iklan

Buah-buahan Lokal Jember Sudah Layak Masuk Pasar Global

8/09/21, 17:12 WIB Last Updated 2021-08-15T09:14:05Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember Optimis bisa mengekspor buah lokal, mengingat sudah banyak buah-buahan memiliki kelayakan di pasar nasional.

Ada buah Jeruk, Manggis, Pisang dan Alpukat. “Hasil buah yang tinggi Jeruk dan pisang, kemungkinan ini bisa ‘ekspor’ masuk pasar global," kata Wakil Bupati M Balya Firjaun Barlaman usai vidio Conference pembukaan Gelar Buah Nusantara (GBN) ke- 16 tahun, di Ruang Lobby Bupati, Senin (9/8/2021).

Namun masih perlu peningkatan kualitas dengan pemanfaatan teknologi modern, edukasi pembuatan kemasannya yang baik, juga kerjasama dengan antar pihak. "Tujuannya, agar harga bisa bersaing dengan negara-negara lain," tambah Pria yang Akrab disapa Gus Firjaun ini.

Oleh karenanya, diperlukan adanya campur tangan dari Dinas Industri dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Jember agar mencari peluang di pasar Ekspor. "Bagaimana bisa berkualitas lagi, tentunya dengan memperhatikan haga jual yang baik," imbuhnya

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Kabupaten Jember Imam Sudarmaji mengakui bahwa saat ini, pemasaran buah Cangkupannya masih lokal. "Makanya, kita akan menyiapkan, komoditas ekspor yang kita perbaiki saat ini dari sisi budidaya tanaman buah," katanya.

Selain itu sambung Imam, masih diperlukan industrialisasi, sehingga buah yang dijual tidak hanya yang segar saja. "Jadi ketika panen melimpah, kita bisa mengolah, seperti Alpukat bisa jadi makanan pasta, agar bisa mendongkrak  pemasaran." Tandasnya. (naw).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Buah-buahan Lokal Jember Sudah Layak Masuk Pasar Global

Terkini

Close x