Translate

Iklan

Iklan

Bupati Jember Bakal Tertibkan Tambak Udang Nakal

9/11/21, 16:28 WIB Last Updated 2021-11-14T09:31:04Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Usai terima Kelompok Perjuangan warga Kepanjen, Gumukmas, Bupati Jember Hendy Siswanto didampingi Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman Sabtu (11/09/2021) menyampaikan akan menertibkan tambak udang nakal.

Berbagai mendengar keluhan perwakilan warga terkait aktivitas tambak udang vaname di sepanjang pesisir pantai Kepanjen seperti limbah yang dihasilkan dari tambak tersebut berdampak pada rusaknya tanaman pertanian warga, dan uap merusak lingkungan warga.

Belum lagi juga terdapat limbah yang dibuang langsung ke laut mengakibatkan rusaknya ekosistem biota laut yang merugikan para nelayan. “Lahan rusak, tanam cabe, kates dan semangka itu ndak bisa. Karena kena uap dari kincir itu,” ungkap,” ungkap perwakilan warga, Setyo Ramires.

Bupati Jember Hendy Siswanto akan mendahulukan status perijinan usahanya. “Apakah memang legal atau illegal, , ijin itu berkaitan dengan segala aturan aktivitas tambak, termasuk bagaimana pengelolaan limbahnya, jika memang tidak beres ijinnya kami bisa bertindak, ” ungkapnya.

Sselama 6 bulan ini, Bupati tidak mengeluarkan izin apapun terkait tambak, saat ini sedang melakukakn inventarisasi tanah pesisir, dimana 100 m dari bibir pantai itu milik pemerintah daerah. “Termasuk tambak, jika tidak punya ijin maka akan kami tertibkan,” sambungnya.

Dengan pengelolaan oleh pihak Pemkab, maka Bupati Hendy dapat memaksimalkan potensi tersebut untuk pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jember. PAD tersebut bisa disalurkan kembali untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengurangi angka kemiskinan.

“Sektor kelautan potensinya luar biasa, ini akan memaksimalkan PAD kita dan kami kembalikan kepada warga Jember, caranya bagaimana ya Pemkab Jember harus menguasai dulu kawasan tersebut untuk kemudian dikelola,”ungkapnya. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Jember Bakal Tertibkan Tambak Udang Nakal

Terkini

Close x