Translate

Iklan

Iklan

Sejumlah Angkutan Konvensional Jember Disulap jadi Angkutan Wisata

9/15/21, 13:54 WIB Last Updated 2021-09-15T07:06:48Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Sejumlah Angkutan Konvensional di kabupaten Jember, Jawa Timur  seperti Becak, Mini Bus, Angkutan Kota (Angkot) dan angkuta pedesaan (Angkudes) serta ojek disulap mejadi Angwis atau Angkutan Wisata.

“Program ini mempermudah akses ke kawasan wisata dan mempercepat pembangunan," ujar Bupati Hendy Siswanto saat melaunching Program Pemberdayaan Transportasi konvensional menjadi jadi Angkutan Wisata di depan Pendopo Wahyawibawagraha Rabu (15/9/2021)

Menurutnya, terobosan baru ini bentuk kepedulian pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan saat pandemi COVID-19. "Selain berdampak positif pada pengemudi angkutan, juga turut mempercepat tumbuh kembang destinasi wisata, pelaku kuliner maupun UMKM.

“Kami berharap inovasi ini bisa menjadi solusi di tengah persoalan transportasi sekaligus bisa mengangkat pariwisata di kota tembakau ini. Pemberdayaan pengemudi angkutan konvensional ini berkolaborasi dengan pegiat social tourism  "inilah pentingnya Kolaborasi," bebernya.

Plt Dishub Siswanto memaparkan agar mampu memberikan layanan terbaik pada wisatawan, sudah 35 pelaku angkutan kota dan 15 angkutan desa yang diatih pemandu wisata.  "Diantaranya Public Speaking, kebersihan, kerapian, dan penggunaaan smarphon," Tandasnya.

Diketahui, sasaran wisata yang akan dituju yakni Jember City Taur, City Tour Religi, Botani Tour, Rute Bisnis Dewi Kemiri, Desa Wisata Kemiri, Mini Zoo Tour, Gunung Pasang Panti, Wisata Mega-Litikum Kamal, Desa Wisata Segoro Kidul, Sunset Dinner Watu Ulo

Kemudian, Wisata Mandigu, Edukasi Kopi dan Kakao, Air terjun di Ledokombo, Sentra Handicraft Balung Tutul di kecamatan Balung, Wisata Ambulu dan Dira Pontang, Skyland di Tamansari, Wisata Puger Kampung Nelayan, Dira Fantastic Night Kencong

Selanjutnya  Candi Deres di Gumukmas, Mumbul Gardeng, Jelajah Jalur Lintang Selatan. “Sedangkan Wisata Religi diantaranya di Kecamatan Ajung Pondok Pesantren Kreatif Manarul Huda, pesarean Habib Ali dan Habib Soleh yang berada di Kecamatan Tanggul”, pungkasnya.

Informasi media ini masyarakat bisa menyewa angkutan wisata sesuai rute dari operator. Angkot bisa diisi 10 penumpang, angkutan pedesaan 7 – 12 penumpang tergantung jenis kendaraan. Jika tarif per rute hanya 200.000 makan per orang rata-rata hanya urunan 20.000an.

Di setiap rute ada minimal 3 destinasi yang terdiri dari destinasi wisata, UMKM, kuliner, kebun, perikanan, sawah bahkan religi. Destinasi wisata nya pun banyak yang baru dikembangkan sebagai alternatif mencegah kerumunan di destinasi yang sudah ada.

Rute yang dipilih menekankan kegiatan eduwisata. Jika tak terjangkau kendaraan roda 4, ada ojek-ojek wisata yang bisa dipesan melalui operator. Ojek Wisata juga cocok untuk yang tamasya sendirian. Sedang becak wisata untuk rute pendek di kota dan sedang dalam pembinaan.

Angkutan Wisata akan menstimulasi tumbuh dan berkembangnya destinasi wisata.  Pasalnya banyak promo menarik karena disupport banyak mitranya. Mulai dari diskon tiket masuk wisata, diskon kuliner, diskon handycrat, dan sebagainya. (naw/yond).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sejumlah Angkutan Konvensional Jember Disulap jadi Angkutan Wisata

Terkini

Close x