Translate

Iklan

Iklan

Kemenag Jember Luncurkan Kampung Zakat dan Wakaf

11/22/21, 20:28 WIB Last Updated 2021-11-22T13:28:44Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemerintah Kecamatan Ambulu Mengapresiasi, pembukaan Kampung zakat dan Wakaf di Masjid Al-Islah Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu.

Peluncuran acara yang diinisiasi oleh penyuluh Agama Islam dan Kantor Urusan Agama (KUA) Ambulu Kantor Kementerian Agama Jember, bersama Pemerintah Desa (Pemdes) tersebut mengambil tema mewujudkan masyarakat sejahtera dan Produktif.

Karena ini urusan akhirat Camat Ambulu Dariyanto menginginkan Kampung zakat ini bisa dibuka di setiap Desa wilayah Ambulu.  “Ini baru kali ini, ada Kampung zakat, biasanya itu yang ada itu Kampung KB," katanya kepada media ini, Senin (22/11/2021)

Lebih lanjut Darianto berharap agar masyarakat yang mampun tidak takut untuk berzakat. "Supaya membawa kesejahteraan bagi masyarakat di lingkungan masjid. Oleh karena itu bagi warga yang merasa mampu jangan takut untuk berzakat," tambah Dariyanto.

Kepala KAU Ambulu Subhan Zen menjelaskan bahwa dipilihnya Desa Sumberrejo sebagai Kampung binaan zakat dan Wakaf, selain karena desa ini tertua juga karena banyak alim - ulamanya.  "Di desa ini, ada 19 Masjid”. Jelasnya.

Menurutnya, Kampung zakat ini, bertujuan untuk membantu pemerintah Desa, dalam memberikan kesejahteraan umat.  Oleh karena itu, sambung Subhan, pihaknya telah dibuatkan Tim pengelola zakat yang telah mendata siapa-siapa yang wajib zakat.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Jember Muhammad menuturkan, Launching Kampung zakat dan Wakaf ini sudah yang ke 28. "Tinggal dua Desa yang belum melaunching yakni Bangsalsari dan Kencong," tuturnya.

Pengurus Kampung zakat dan wakaf ini, akan mendata dan pengumpulan zakat. "Bukan hanya, zakat fitrah tapi juga zakat mal, dan Wakaf. Makanya penyuluh Agama juga harus memberikan pemahaman ukuran-ukuran kewajiban zakat itu," Tandasnya. (naw/yond).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kemenag Jember Luncurkan Kampung Zakat dan Wakaf

Terkini

Close x